Stratifikasi Sosial Masyarakat Industri

Adanya stratifikasi sosial masyarakat industi. Soerjono Soekanto mengatakan, Stratifikasi sosial adalah perbedaan penduduk atau masyarakat ke dalam kelas–kelas secara bertingkat atau sistem berlapis-lapis dalam masyarakat. Sedangkan menurut Pitirim A. Sorokin adalah perbedaan penduduk / masyarakat ke dalam lapisan-lapisan kelas secara bertingkat (hirarkis). Bisa kita artikan, stratifikasi sosial merupakan perbedaan penduduk dalam klasifikasi yang bertingkat-tingkat, atau dalam bentu vertikal, ada yang di bawah, tengah dan atas. Perbedaan-perbedaan ini akan membentuk bagaimana masyarakat berinteraksi. Pada kesempatan ini, kita akan membahas perihal stratifikasi sosial masyarakat industri.
            Dalam masyarakat industri, terjadinya hierarki prestise yang mengakibatkan munculnya stratifkas dalam masyarakat adalah keniscayaan. Masyarakat industri selalu identik dengan spesialisasi pekerjaan atas sebab semakin rumitnya bidang pekerjaan pada masyarakat industri itu sendiri.
Ciri-ciri Masyarakat Industri. 
  1. Kebebasan yang semakian meluas. Berbeda dengan di perkampungan yang selalu disebut masyarakat agraris, masyarakat industri telah kehilangan beberapa nilai yang ada pada masyakarat agraris. Semisal, ada norma-norma yang perlu ditaati bagi seorang perempuan yang ingin keluar pada malam hari. pada masyarakat industri, hal tersebut sudah mulai pudar dan tidak begitu diperhatikan lagi sebagai sesuatu yang penting. 
  2. Kecilnya kepercayaan kepada pemerintah. Masyakarat industri selalu meletakkan fokus mereka pada pekerjaan yang cenderung keras dan individualistis. Hal tersebut sedikit banyak telah mempengaruhi kepercayaan mereka kepada pemerintah dan 
  3. Patriotisme mulai hilang. Bergesernya norma-norma sosial yang awalnya memiliki kebersamaan yang kuat, masyarakat yang dulunya merupakan masyarakat perkampungan telah mengubah diri mereka menjadi masyarakat yang kurang peduli kepada tanah air. Kekurang pedulian ini muncul atas sebab individualisme yang terus mengancam. 
  4. Kesetiaan yang semakin pudar. Sama halnya dengan patriotisme, kesetiaan terhadap sesama pada masyarakat industri menjadi hal yang mengkhawatirkan. 
  5. Penghormatan kepada sosok individu semakin besar. Pada masyarakat ini, yang tampak jelas adalah penghormatan atau penghargaan kepada sosok tertentu yang semakin besar. Dalam hal ini, penghormatan yang diberikan adalah antara bawahan dengan atasan, atau antara para karyawan dengan pimpinannya. 
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar