Realitas Sosial Masyarakat


Ada beberapa realitas sosial masyarakat yang perlu diketahui, yaitu:
Interaksi Sosial
Interaksi sosial adalah cara-cara hubungan yang dapat dilihat saat orang perorangan dan kelompok orang saling bertemu. Ia bisa berupa hubungan antara satu orang dengan orang lain, antara satu orang dengan kelompok, antarkelompok, dan antara satu orang dengan lingkungannya.
Kebudayaan
Manusia menciptakan kebudayaan untuk memenuhi kebutuhan hidup, juga untuk bertahan hidup. Semisal, manusia butuh sebuah tempat yang nyaman untuk berteduh ketika cuaca tidak bersahabat. Maka manusia yang berakal ini berpikir untuk menciptakan sesuatu yang bisa membuat mereka tetap bertahan hidup. Maka mereka membuat rumah.
Nilai dan Norma Sosial
tanpa nilai dan norma sosial, yang ada adalah kekacauan. Tidak ada lampu lalu lintas, tidak ada hukuman bagi siswa yang bandel, di situlah peran nilai dan norma sosial. Nilai sosial adalah sesuatu yang bersifat abstrak, sedangkan Norma sosial sifatnya konkrit.
Stratifikasi Sosial
dalam kajian sosiologi, stratifikasi sosial sangat mempengaruhi jalannya kehidupan sosial masyarakat. Stratifikasi sosial, yang juga kita sebut sebagai pelapisan sosial, yang mana ada tingkatan-tingkatan yang perlu dipahami, semisal, pimpinan sebuah daerah dengan masyarakat yang dipimpin, orang kaya dengan orang miskin, sesepuh sebuah kampung, dll.
Status dan Peran Sosial
kita bisa menyebutnya dengan posisi seseorang di antara masyarakat. Ketika seseorang menyandang sebuah status, artinya ia telah memiliki hak serta kewajiban. contohnya, seorang yang berstatus sebagai sopir taksi, dia mempunyai hak mendapatkan hak dari penumpang, juga kewajiban mengantarkan penumpang ke tempat tujuan. Kemudian peran sosial. Ketika status bersifat statis (tidak bergerak) maka peran sifatnya dinamis (bergerak). Peran sosial yaitu apa yang diharapkan dari masyarakat terhadap status yang dipegang oleh seseorang.
Perubahan Sosial
masyararkat selalu berubah. Perubahan tidak dapat tidak akan terjadi seiring berjalannya waktu. Maka, yang perlu dilakukan oleh masyarakat yang sedang dihadapi oleh perubahan tersebut adalah bagaimana menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan yang niscaya ini, tanpa mengorbankan kepribadian yang baik, tanpa menghilangkan jati diri sebagai orang timur yang terkenal dengan kesopanan.



loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar