Perubahan Sosial Budaya Di Masyarakat


Perubahan sosial budaya di masyarakat berkembang sesuai dengan zamannya. Manusia selalu berubah, dan itu adalah keniscayaan. dalam lingkup masyarakat, perubahan akan terus terjadi terlepas dari berbagai faktor yang melatarbelakanginya. Namun sebelum itu, mari kita lihat arti perubahan sosial dari para ahli.
Kingsley Davis
            Pereubahan social merupakan perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat. Semisal, system kapitalis yang membuat kesenjangan antara buruh dan majikan.
Gillin dan Gillin
            Perubahan social adalah suatu variasi dari cara hidup yang telah diterima yang disebabkan, baik oleh perubahan-perubahan kondisi geografis, kebudayaan materil,komposisi penduduk, ideology, maupun oleh adanya difusi atau penemuan-penemuan baru dalam masyarakat tersebut.
Samuel Koening
            Perubahan social adalah modifikasi-modifikasi yang terjadi dalam pola-pola kehidupan manusia karena sebab-sebab intern dan ekstern.
Selo Sumardjan
            Perubahan sosial adalah segala perubahan-perubahan pada lembaga-lembaga pada kemasyarakatan dalam suatu masyarakat, yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk di dalamnya nilai-nilai, sikap-sikap, dan pola-pola perikelakuan diantara kelompok-kelompok masyarakat.
Karakteristik Perubahan Sosial Budaya 
Ada beberapa karakteristik dari perubahan sosial yang ada. Karakteristik-karakteristik tersebut di antaranya adalah: 
  1. Masyarakat akan terus berkembang dan berkembang, artinya, perubahan akan terus berjalan seiring berkembangnya masyarakat. 
  2. Perubahan yang berlaku pada masyarakat akan diikuti oleh perubahan bagi lembaga sosialnya. 
  3. Akan terjadi disorganisasi yang bersifat sementara atas dasar penyesuaian 
  4. Perubahan terjadi pada dua bidang, yaitu materi dan non-materi, dan keduanya memiliki hubungan erat. 
  5. Secara tipologis, perubahan ini dapat diklasifikasikan dalam beberapa bentuk, di antaranya: Proses sosial, Pembagian, Perubahan Struktur
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar