Permasalahan Sosial Masayarakat


Permasalahan sosial masyarakat tentu tidak bisa kita pungkiri dalam kehidupan. Kita akan mengatakan sebuah masalah sebagai masalah sosial masyarakat jika itu berkenaan dengan lingkup masyarakat, dan di sana muncul hal yang dapat  mengganggu ketenangan masyarakat. Pemakaian narkoba, freesex, pencurian, perjudian, dll adalah beberapa di antara masalah sosial. Secara garis besar, masalah sosial masyarakat menyangkut pada nilai-nilai yang dipegang oleh masyarakat itu sendiri.
Ada beberapa pengelompokan permasalahan sosial berdasarkan hal yang melatarbelakangi munculnya masalah sosial. Beberapa hal tersebut di antaranya yaitu:
Masalah ekonomi
Ini adalah masalah yang selalu muncul di negeri ini. masalah ekonomi berarti masalah kemiskinan. Juga, berarti masalah pengangguran. Selain itu, juga berarti masalah pencurian yang didasari oleh faktor ekonomi. Dan akhirnya, ini menjadi masalah yang kompleks, sebab, masalah ekonomi adalah masalah keberlangsungan kehidupan manusia.
Masalah biologis
Tidak adanya filter yang serius dari masyarakat atas budaya asing yang tidaksejalan dengan kepribadian bangsa bisa mengakibatkan bangsa ini kehilangan jati diri. Jika dulunya negeri ini terkenal dengan sifat sopan santun dan memiliki nilai relijius yang tinggi, sekarang hal yang semacam itu mulai pudar diterpa badai. Budaya kebebasan sebebas-bebasnya menyerang negeri timur habis-habisan. Salah satu di antaranya adalah freesex atau seks bebas. Fenomena ini telah makin menguatkan pernyataan dari keburukan-keburukan pergaulan bebas ini dengan munculnya masalah sosial baru, seperti lahirnya HIV dan AIDS.
Masalah biopsikologis
Masalah yang paling menonjol dari masalah ini adalah kasus bunuh diri. Faktor atas permasalahan ini, tentunya adalah terjadinya kekacauan psikologis atas masalah-masalah yang menimpa. Masalah-masalah yang muncul, bisa jadi disebabkan oleh permasalahan ekonomi, keluarga, lingkungan masyarakat. Dalam hal ini, selain dari perlunya setiap individu untuk membentengi diri dengan keimanan kepada Allah SWT, pemerintah perlu mengambil kebijakan untuk terus menjalankan program-program yang mendidik masyarakat dalam lingkup kehidupan.
Masalah Kebudayaan
Ini adalah masalah yang sering muncul atas perubahan sosial yang begitu mengkhawatirkan saat ini. sebut saja masalah perceraian, kenakalan remaja, adalah masalah yang dilatarbelakangi oleh kebiasaan masyarakat yang cenderung berubah menuju model sekuler-kapitalis. Lebih-lebih lagi jika masyarakat sudah mulai kehilangan pondasi keimanan kepada Allah SWT.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar