Perkembangan Sosial Masyarakat


Dalam perkembangan sosial masyarakat, ada dinamika kelompok sosial dalam masyarakat yang perlu kita ketahui bersama., diantaranya adalah:
Berubahnya struktur kelompok sosial 
  1. Perubahan yang disebabakan situasi tertentu. Hal-hal tertentu yang terjadi di masyarakat bisa mengakibatkan perubahna struktur kelompok sosial. 
  2. Pergantian anggota kelompok. Bergantinya anggota kelompok tentunya bisa mengakibatkan adanya perubahan cara berpikir, kebiasaan, dan cara bertindak.
  3. Perubahan situasi sosial dan ekonomi. Situasi sosial ekonomi memiliki peran signifikan yang dapat mengubah struktur kelompok sosial. Semisal, kebijakan pemerintah yang menaikkan harga BBM sedikit banyak memberi dampak bagaimana masyarakat menilai lingkungan serta pemerintah dari sudut pandang mereka.
Terjadinya antagonisme antarkelompok 
  1. Timbul stereotip, atau membuat perwakilan atas sesuatu yang ingin kita besarkan/kita pojokkan. 
  2. Permusuhan dapat dinetralisir dengan kerjasama. 
  3. Kerja sama dapat mengubah citra buruk jadi baik.
Sebab – sebab kolektif menjadi agresif 
  1. Frustasi dalam jangka panjang. Frustasi bisa diakibatkan oleh berbagai masalah. Di antara problema yang terjadi dalam masalah frustasi adalah problema ekonomi, keluarga, lingkungan. 
  2. Tersinggung. Individu yang memiliki sifat mudah marah atau egois sangat sulit untuk diajak berdamai. 
  3. Dirugikan 
  4. Ancaman dari luar. Ancaman dari luar, bisa berarti dari orang lain yang tidak sepahaman dengan orang tersebut 
  5. Terkena dalam bidang kehidupan yang sangat sensitif.Sensitif, berarti mudah memperlihatkan perasaan batin. Jika sedih, maka seseorang sedih, maka ia akan benar-benar menampakkan kesedihan, dan jika marah, ia tak sungkan-sungkan memperlihatkan kemarahan.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar