Perkembangan Hubungan Sosial

Hidup ini tak bisa lepas dari perkembangan hubungan sosial. Sebagai makhluk sosial, manusia selalu melakukan hubungan sosial. Hubungan sosial terjadi ketika ada individu yang berinteraksi sesama individu, atau, individu dengan kelompok, atau juga antara kelompok dengan kelompok. Contoh yang paling terkenal dalam hubungan sosial ini adalah gotong royong.
            Jika kita telisik pada awal kehidupan, atau di sebuah daerah yang masih dirintis oleh beberapa orang atau keluarga, kita menemukan bahwa manusia di muka bumi ini tidak sebanyak yang sekarang, atau, ada perkembangan sosial yang terjadi.. Hubungan sosial pada zaman dulu tidaklah serumit dan sekompleks sekarang. Sebuah daerah, katakanlah, sebuah desa, tentu tidak kompleks di kota. sebuah desa, pun kelak akan menjadi kota. lalu, sebuah kota akan terus berkembang, termasuk dalam hubungan sosialnya, hingga pada titik di mana kota tersebut tidak bisa lagi berkembang menuju yang lebih kompleks lagi.
Ada beberapa hal yang melatarbelakangi hubungan sekaligus perkembangan sosial, diantaranya ialah:
  1. Keinginan untuk mempertahankan hidup. Munculnya keinginan mempertahankan hidup membuat manusia berusaha berinteraksi dengan manusia lain, sadar akan kebutuhan manusia akan manusia lain, dengannya, mereka melakukan hubungan sosial, dari kecil hingga lingkup besar.
  2. Keinginan untuk melakukan komunikasi dengan sesama. Ketika di awal kehidupan, komunikasi masih sebatas hal-hal sederhana, manusia terus berkembang hingga muncul beragam komunikasi termasuk bahasa yang cukup bervariasi di seluruh dunia.
  3. Keinginan untuk memenuhi kebutuhan hidup.  Manusia setiap harinya butuh hidup dan ia akan selalu membutuhkan orang lain yang memiliki apa yang ia butuhkan. Contohnya, manusia butuh makan, ia harus membeli beras, ia harus mencari orang atau pihak yang bisa menyediakan beras untuk bisa ia beli. Di lain waktu si pembeli beras merasa butuh peralatan elektronik, misalnya, dan perlalatan elektronik itu tersedia di tempat orang yang butuh beras tadi, maka, di sana muncul saling membutuhkan sesama, dan jika saja kita tarik dalam skala besar dan lebih besar lagi, kita akan mendapati bahwa setiap manusia memiliki andil akan kebutuhan orang lain, dan orang lain, baik dekat atau pun nun jauh di sana, sedikit banyak memiliki andil akan tercukupinya kebutuhan orang tersebut.
  4. Keinginan untuk meneruskan keturunan. Dengan keinginan meneruskan keturunan, manusia memikirkan untuk melestarikan kehidupan mereka agar penerus kehidupan di dunia ini tidak terputus sampai di sini.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar