Peran Tokoh Masyarakat


Peran tokoh masyarakat adalah sesuatu yang sentral dalam sebuah komunitas masyarakat. Tokoh masyarakat, seperti yang dipahami bersama adalah sosok yang bisa jadi panutan oleh masyarakat, atau, tokoh yang selalu dijadikan rujukan atau sebagai tempat bertanya perihal permasalahan masyarakat. dalam hal ini, kita mengenal individu yang dianggap layak disebut sebagai tokoh masyarakat, misalnya, ketua RT, RW dan perangkatnya, kepala kelurahan dan perangkatnya, para guru, imam mesjid, atau orang tua yang sudah sepuh, yang bisa memberikan kontribusi pemikiran yang sulutif.
Banyak peran dari tokoh masyarakat yang bisa kita kutip. Di antaranya, misal, peran ketua RT yang menangani kasus pencurian di wilayah kepemimpinannya. Sebagai ketua/pimpinan ketua RT memiliki peran sebagai pemberi keputusan atas permasalahan yang berlaku. Semisal, dengan mengaundang masyarakat untuk melaksanakan musyawarah untuk menyelesaikan problema yang sedang ‘singgah’ di perumahan mereka. masyarakat, khususnya yang dipimpin oleh ketua RT tersebut tentunya berharap ada penyelesaian dalam waktu singkat, dan tidak berlarut-larut. Dalam  hal ini, sang pemimpin, berperan sebagai pemandu, penengah penampung aspirasi dan pemberi keputusan terbaik atas keinginan masyarakat banyak.
Berbeda pula dengan peran, imam mesjid, misalnya. Status sebagai imam mesjid, sudah bisa kita gambarkan, bahwa tokoh masyarakat ini memiliki banyak ilmu tentang agama. Tidak heran, jika dengan posisinya sebagai imam dalam ibadah umat Islam, membuat masyarakat Muslim meyakini sekaligus menjadikannya sebagai sosok yang bisa sebagai penyelesai masalah dalam masyarakat, khususnya masyarakat Muslim.
Guru pun termasuk tokoh masyarakat. bahkan, guru memainkan peranan penting dalam terciptanya masyarakat yang bermoral. Guru, sebagai pendidik yang setiap hari berhadapan dengan berbagai karakter anak didik, pada kenyataannya sedang bertarung melawan kebodohan masa depan. Guru memiliki peran besar dalam mendidik generasi muda yang pada awalnya belum memiliki jati diri, hingga kelak menjadi manusia yang bisa memimpin negeri ini.
Selain tokoh-tokoh masyarakat yang kita jabarkan di atas, kita menemukan juga, tokoh masyarakat lain yang ikut andil penting dalam pembangunan masyarakat ini. para orang tua yang sudah sepuh, tak jarang memberikan banyak nasihat buat yang masih muda untuk tetap bersemangat mengisi kemerdekaan ini, misalnya. Mereka, adalah sosok yang sudah jarang ditemui, karena telah banyak yang telah mendahului.
Secara singkat, kita simpulkan, peran tokoh masyarakat adalah memberikan pemikiran dan perilaku yang baik bagi masyarakat, pemikiran dan perilaku tersebut, sejalan dengan apa yang diharapkan masyarakat, dan sejalan dengan yang sesungguhnya dicita-citakan oleh bangsa yang menginginkan keharmonisan dalam sosial bermasyarakat.
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar