Peran Pendidikan dalam Masyarakat

Peran pendidikan dalam masyarakat memegang peranan utama. Pendidikan adalah barang berharga dalam dunia ini. dengan pendidikan, manusia bisa menjadi sesungguhnya manusia. Pendidikan, sebagai bagian yang tak terpisahkan bagi manusia serta sekelompok manusia yang bernama masyarakat, memberi peran signifikan dalam membentuk kepribadian atau jati diri yang semestinya ada pada masyarakat yang menjunjung tinggi kemanusiaan.
Sebagai masyarakat yang meyakini pentingnya pendidikan, mereka, pada posisinya –patutnya- menyadari bahwa banyak peran pendidikan dalam membangun masyarakat sebagai pemberi pedoman, dalam segala aspek yang ada dalam masyarakat. sebagai contoh, pendidikan memberikan masyarakat cara yang pantas dalam bersosialisasi, berhubungan sosial, hingga kaitannya dengan norma sosial dalam berinteraksi. Pendidikan memang sangat erat dengan norma sosial. Dengan pendidikan, masyarakat diajak untuk memahami, meyakini, serta menerapkan hal-hal yang dulunya bukan sebagai sebuah kebiasaan, menjadi suatu budaya yang bisa bermanfaat buat orang banyak.
Lewat pendidikan, masyarakat dibawa untuk membuka mata bahwa banyak yang perlu diketahui sebagai ilmu. Di sana, diyakini bahwa dengan pendidikan, setiap individu akan meyakini bahwa hidup tidak sebatas mencari materi.
Kini, kita bisa menemukan banyak contoh masyarakat yang telah menjadikan pendidikan sebagia aspek utama dalam tatanan hidup bermasyarakat. Ketika norma ditegakkan, saat setiap orang tua mengutamakan kualitas pendidikan anak-anak mereka di sekolah, atau ketika setiap waktu masyarakat membincangkan solusi atas problema masalah sosial yang tengah terjadi, kenyataannya, ada kebimbangan akan permasahan tersebut. Di sana, kita menemukan pendidikan telah menjadikan masyarakat peka terhadap perisitwa-peristiwa yang terjadi di sekitar mereka.
Kepekaan itu pula, membawa masyarakat untuk senantiasa mampu memiliah-milah mana yang perlu diteruskan sebagai hal yang baik, dan mana yang perlu diwaspadai sebagai hal yang perlu dihindari, hingga perihal permasalahan-permasalahan yang perlu diselesaikan agar dalam bermasyarakat, keharmonisan bisa kembali diraih. Dengan pendidikan, semua itu akan dijalani dengan baik dan terarah.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar