Peran Pemuda Dalam Masyarakat


Apa peran pemuda dalam masyarakat? Pemuda adalah penerus bangsa. Mereka adalah simbol masa depan negeri ini. mereka adalah wajah-wajah yang nantinya memimpin negeri ini. mereka adalah kekuatan baru. Dalam sejarah, kita mengetahui, peran pemuda sangat signifikan dalam membangun indonesia.
            Mungkin kita masih selalu ingat, ikrar pada 28 Oktober 1928 yang menghasilkan bait-bait puisi bernama sumpah pemuda. Ini adalah pemuda sejati, yang perlu kita tiru, perlu kita ambil contoh. Semangat mereka membara demi kesejahtraan masyarakat, demi menumbangkan tirani para penjajah. Para pemuda zaman dahulu memiliki kekuatan mental yang tangguh, selalu bersatu dengan masyarakat dalam memperjuangkan keadilan. Lalu, sekarang, apakan masih ada nasionalisme yang pernah melekat pada seroang Bung Tomo, Soekarno, Hatta, Bung Syahrir, atau para pemuda pemberani lainnnya? Kini, pemuda kita terombang-ambing oleh budaya yang jauh dari mencintai tanah air. Mereka bersahabat dengan hal-hal yang melenakan, ketika banyak permasalahan bangsa membelit tak lepas-lepas, sebagian pemuda saat ini sibuk dengan hal-hal tak berguna. Terlupa akan amanah yang pernah dititip oleh para pahlawan pendahulu.
            Sedikit demi sedikit, negeri ini dikeruk oleh para penjajah model baru. Bangsa ini, termasuk para pemudanya tak sadar, tahunya hanya memikirkan eksistensi kelompok dan individu. Sebuah kekhawatiran yang mendalam.
            Memang, di antara yang terlupa, masih ada pemuda yang masih menyadari pentingnya mengisi kemerdekaan ini dengan kegiatan dan aktifitas yang bermanfaat, kegiatan yang bisa menumbuhkan persatuan dan kesatuan bangsa, kegiatan yang memancarkan kembali kepribadian bangsa, kegiatan yang bisa membawa keyakinan masyarakat bahwa pemuda saat ini ternyata masih memiliki harapan untuk membangun negeri ini maju dan terus maju sebagai negara yang memiliki rakyat yang beradab,disegani dan bermarwah.         
            Dengan peran-peran tersebut, dan dengan partisipasi dari berbagai pihak, nantinya, negeri ini tidak akan dicap sebagai negeri yang kaya tetapi penduduknya miskin. namun sebagai negeri yang kaya, dan penduduknya juga sejahtera, aman harmoni.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar