Peran Masyarakat dalam Politik

Peran masyarakat dalam politik memegang peranan utama. Masyarakat dan politik adalah dua hal yang sebenarnya sangat dekat. Sebagai warga negara yang baik, setiap pesta demokrasi tiba, masyarakat berbondong-bondong memilih wakil dari mereka yang bisa membawa aspirasi yang selama ini diimpikan. Pemilu digelar. Masyarakat memilih. Berbagai macam tanggapan yang dilontar sebagai ekspresi atas hasil yang telah diperoleh. Sadar atau tidak, masyarakat begitu dekat dengan politik itu sendiri.
Budiardjo (2009) menyatakan partisipasi politik adalah kegiatan seseorang atau kelompok orang untuk ikut serta secara aktif dalam kehidupan politik, antara lain dengan jalan memilih pimpinan Negara dan, secara langsung atau tidak langsung, memengaruhi kebijakan pemerintah (public policy). Dengan demikian Partisipasi politik erat kaitanya dengan kesadaran politik, karena semakin sadar bahwa dirinya diperintah, orang kemudian menuntut diberikan hak bersuara dalam penyelenggaraan pemerintah.
Menurut Herbert McClosky dalam International encyclopedia of the social sciences (Budiardjo,1996) partisipasi politik adalah kegiatan-kegiatan sukarela dari warga masyarakat melalui mana mereka mengambil bagian dalam proses pemilihan penguasa, dan secara langsung atau tidak langsung dalam proses pembentukkan kebijakan umum.
Dari penjelasan Budiardjo di atas, kita melihat bahwa kesadaran adalah hal penting sebagai unsur yang membuat masyarakat yakin ada di wilayah kebijakan pemerintah. Partisipasi politik, atau kita sebut sebagai peran masyarakat dalam politik, adalah dengan  menuntut diberikan hak bersuara dalam penyelenggaraan program pemerintahan. Sebagaimana yang harus kita pahami, bahwa politik adalah soal bagaimana caranya, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, masyarakat memang memiliki peran bersuara, memberikan gagasan-gagasan dalam pembangunan ini.
Di Indonesia, partisipasi dalam politik dijamin oleh negara. Masyarakat bebas dalam berkarya, dalam bersuara dan dalam menyampaikan hal-hal yang berpotensi membangun negeri ini ke arah yang lebih baik lagi.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar