Peran Masyarakat Dalam Memberantas Korupsi


Peran Masyarakat dalam memberantas korupsi sangat dibutuhkan. Sumber daya alam indonesia yang  kaya, patutnya sejalan dengan keadaan penduduk yang –harusnya- juga kaya. Namun ironis. Yang terjadi adalah sebaliknya. Rakyat ini miskin. Miskin atas miskinnya nurani para koruptor yang hidup mewah di atas awan, ketika di waktu sama banyak masyarakat timbul tenggelam dalam kemiskinan yang tak sudah-sudah.
Kali ini, kita telah memasuki zaman yang –harusnya- berbeda dari zaman orde baru. Koruptor tak sepatunya hidup di zaman ini. ada peran besar bagi masyarakat untuk mengawasi perilaku pejabat tinggi yang –sangat- rawan korupsi. Menyadari, masyarakat adalah korban dari tindak korupsi, masyarakat, sebagai elemen penting dalam tatanan negara perlu ambil andil signifikan atas berlangsungnya proses pemerintahan. Saat ini, korupsi tampaknya benar-benar mati dengan adanya KPK.
Namun, sebuah kenyataan yang perlu dikhawatirkan terjadi saat kemurnian lembaga ini dikhawatirkan tidak sekuat dulu. Ini adalah pertanyaan yang tentunya perlu dijawab oleh setiap masyarakat, bahwa ketika kita kembalikan tujuan kita kepada upaya pemberantasan korupsi, sekala aspek pun perlu kita awasi, termasuk KPK, terkait, lembaga ini pun memiliki pelaksana yang bukan malaikat.
Peran yang tak kalah penting bagi masyarakat adalah benar-benar memilih para pemimpin yang memiliki integritas yang tinggi. Memang, saat ini, banyak yang skeptis akan adanya sosok yang semacam itu. itu lumrah, setelah sekian lama kita bergelut dengan ketidakadilan demi ketidak adilan di negeri ini, bertemu dengan janji demi janji para politisi. Kita, kemudian, dipertemukan lagi dengan janji itu. seperti baru semalam mereka menyampaikan itu, padahal sudah bertahun-tahun itu berlalu.
            Tapi yakinlah, masyarakat selalu memiliki harapan. Mengintropeksi diri setiap individu, kemudian selalu menjadi contoh kebaikan bagi orang lain, setidaknya awal yang baik sebagai peran individu dalam masyarakat. Jika semua masyarakat sadar akan hal ini, maka, kita tak akan menemukan air keruh dalam sebuah kolam, melainkan sebuah mata ari yang bening, mencerahkan dan membuat rindu ingin berwudhu di sana.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar