Peran Lembaga Swadaya Masyarakat

Peran Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) sangat penting. Dalam kehidupan bermasyarakat, kita menemui ada organisasi yang didirikan bukan dengan tujuan komersial atau profit, namun,  dengan tujuan memperolah tujuan dari kesejahteraan masyarakat itu sendiri. Organisasi itu biasa kita sebut sebagai Lembaga Swadaya Masyarakat, atau kita singkat dengan LSM. Dalam bahasa Inggris, kita menemuinya dengan istilah Non-Government Organization (NGO).
Lembaga swadaya masyarakat tidaklah menjadi bagian dari pemerintah, birokrasi atau negara. Ia berdiri sendiri atas keinginan dan gagasan masyarakat yang merasa membutuhkan wadah yang bisa menampung aspirasi mereka dalam melahirkan karya atau dalam berhubungan dengan masyarakat lain dengan lebih baik.
Dalam kaitannya dengan karakteristik, Lembaga sadaya masyarakat memiliki beberapa ciri, di antaranya:
  1. Organisasi ini bukan bagian dari pemerintah, birokrasi ataupun negara. Seperti yang juga disinggung di atas, bahwa LSM bukanlah bagian dari pemerintah. Namun, bukan berarti Lembaga ini tidak berhubungan dengan pemerintah. Organisasi mitra pemerintah adalah organisasi non pemerintah yang dalam pelaksanaan aktifitas mereka selalu bermitra dengan pemerintah
  2. Dalam melakukan kegiatan tidak bertujuan untuk memperoleh keuntungan (nirlaba). Karena ini organisasi masyarakat (sosial), maka ia jauh dari praktek meraup keuntungan. Sebab, sudah menjadi ciri khas dari organisasi ini menjadikannya sebagai organisasi yang mementingkan kebutuhan masyarakat tanpa tujuan berbisnis.
  3. Kegiatan dilakukan untuk kepentingan masyarakat umum, tidak hanya untuk kepentingan para anggota seperti yang di lakukankoperasi ataupun organisasi profesi. Sejalan dengan poin sebelumnya, bahwa organisasi ini didirikan sebagai bentuk keinginan masyarakat yang membutuhkan wadah dalam berhubungan sosial. Oleh karenanya tujuan yang ingin dicapai oleh lembaga ini, tidak lain untuk kepentingan masyarakat umum.
Sebagai lembaga sosial, LSM memiliki peran yang banyak. Di antaranya sebagai wadah bagi masyarakat dalam berkekspresi, berkarya atau menyalurkan pendapat. Selain itu, organisasi ini juga berperan sebagai pengawas pemerintah/pemberi kritik atas kebijakan pemerintah yang dirasa kurang tepat.
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar