Peran Gender dalam Masyarakat

Peran gender dalam masyarakat sangat penting. Dalam pemahaman secara umum, kita mengenal makna gender sebagai ciri khas yang dihubungkan dengan jenis kelamin individu dan diarahkan kepada peran sosial dalam masyarakat. Nah, pada tulisan ini, kita akanmembahas tentang bagaimana gambaran peran gender dalam masyarakat.
Sebagai ciri khas, kita mengenal, dalam kehidupan, manusia memiliki dua jenis kelamin; pria dan wanita. Keduanya memiliki ciri khas sendiri. Pria selalu diidentikkan dengan kekuatan, kasar, pemimpin, sedangkan wanita cenderung diidentikkan dengan kelembutan, selalu dipimpin, selalu ingin dilindungi.
Dalam kajian peran gender dalam masyarakat, atau kita sebut sebagai soal bagaimana masyarakat mengharapkan perilaku yang diemban oleh seseorang yang memiliki status gender tertentu memiliki andil dalam masyarakat itu.
Sebagai yang berstatus pria, peran yang sering kita amati dalam  masyarakat, adalah hal-hal yang sifatnya keras. Sebagai contoh, membangun jembatan yang roboh akibat banjir. Dalam hal yang bersifat relijius, dalam Islam, ada pembeda yang sangat jelas antara pria dan wanita. Pria wajib memimpin dalam ibadah shalat, selain, seorang pria cenderung selalu sebagai penceramah.
Dalam hal rumah tangga, hingga dalam konteks yang lebih besar, pria dan wanita memiliki peran khusus. Ketika dalam kegiatan gotong royong pembangunan mushola, misalnya, kita bisa melihat deskripsi, bahwa pria mendapat tempat sebagai orang yang bertanggung jawab dalam hal-hal seperti mengangkat pasir, mengaduk semen, memasang atap, hingga menyelesaikanbangunan mushola. Sedangkan wanita memiliki peran lain, seperti menyediakan makanan dan minuman.
Sebagai masyarakat yang memiliki ciri sering melakukan interaksi sosial, sudah sepantasnya setiap elemen melaksanakan perannya masing-masing. Hingga, dengan itu, tercapainya harapan bersama bukan lagi sekadar di lisan saja.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar