Penyimpangan Perilaku Makan


Apa saja penyimpangan perilaku makan? Bagi kebanyakan orang, masalah yang mereka hadapi seputar makan dan makanan adalah adanya kecenderungan untuk terlalu banyak makan atau menjadi gemuk. Tetapi beberapa orang khususnya remaja putri memiliki masalah yang bertolak belakang dengan kebanyakan orang. Mereka memiliki kecenderungan untuk mengalami kelainan/penyimpangan yang disebut dengan eating disorder atau penyimpangan perilaku makan (Carlson & Buskist, 1997).
Penyimpangan perilaku makan adalah sebuah pola makan yang abnormal yang terkait dengan ketidakpuasan atau tekanan dalam diri seseorang yang sehat (Read dalam Wahlqvist, 1997).
Bagaimana dan mengapa seseorang makan dipengaruhi oleh banyak faktor. Beberapa diantaranya, yaitu nafsu makan, ketersediaan makanan, keluarga, teman, praktik budaya dan usaha individu untuk mengendalikan perilaku makannya.
Penyimpangan perilaku makan merepresentasikan keadaan mental seseorang dimana orang tersebut memiliki kecemasan yang berlebihan terhadap berat badan bentuk tubuh dan diet (NN D, 2006). Secara khas jika seseorang mengalami penyimpangan perilaku makan, maka orang itu akan memiliki perilaku makan yang tidak sehat.
Mulai dari menolak untuk makan dalam jumlah yang cukup, makan secara berlebihan, memuntahkan makanan setelah makan atau kombinasi dari ketiganya.Pria dan wanita yang mengalami penyimpangan perilaku makan seringkali memiliki pandangan/keyakinan yang keliru tentang tubuh mereka sendiri, biasanya mereka percaya bahwa mereka terlalu gemuk (Tiemeyer, 2007).
Penyimpangan perilaku makan memiliki dampak yang besar pada kualitas hidup bagi orang yang mengalaminya. Mereka secara seragam tidak bahagia dengan situasi yang mereka hadapi. Orang-orang di sekitarnya juga seringkali merasa tidak berdaya untuk membantu mereka keluar dari situasi tersebut (Read dalam Wahlqvist,1997).
Menurut mental health guidelines, terdapat tiga kategori dari penyimpangan perilaku makan, yaitu: anoreksia nervosa, bulimia nervosa dan eating disorders not otherwise specified (EDNOS) yang juga mencakup binge-eating disorder (BED) (Grosvenor & Smolin, 2002).
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar