Penyebab Kanker Hati

Ada beberapa penyebab kanker hati. Berbagai zat penyebab kanker yang berhubungan dengan kanker hati primer, termasuk diantaranya: herbisida, aflatoksin (sejenis jamur tanaman pada gandum & palawija), dan bahan kimia tertentu seperti vinil klorida dan arsen. Merokok plus penyalahgunaan alcohol juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker hati.
 Faktor penyebab yang telah diketahui maupun yang diduga sebagai penyebab karsinoma sel hepar ini adalah sebagai berikut:
  1. Aflatoksin,mikrotoksin karsinogenik yang diproduksi oleh jamur Aspergillus Flavus,yang mengkontaninasi makanan yang disimpan dalam keadaan lembab.
  2. Akibat virus hepatitis B.
  3. Sirosis sel hepar.
  4. Mengkonsumsi alcohol
  5. Radikal bebas
  6. Karsinogen yaitu zat-zat yang dapat menyeabkan pertumbuhan kanker.
  7. Virus
  8. Zat pengawet makanan seperti formaldehid sebagai pengawet bakso atau tahu,penggunaan zat pewarna tekstil(bukan untuk makanan) seperti methanylyellow pada krupuk, tahu dll.
  9. Tidur terlalu malam 
  10. Dan lain-lain yang dapat memicu timbulnya kanker.
Suatu jenis karsinoma sel hepar dengan gambaran spesifik adalah varian fibrolamelar dimana sel hepar neoplastik tersusun dalam pita yang lebar atau lamella yang dipisahkan oleh jaringan fibrosa padat.Varian ini kebanyakan timbul pada wanita muda,tanpa sirosis sebagai faktor predisposisi.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar