Penyakit Sosial Dalam Masyarakat


Penyakit sosial dalam masyarakat muncul sebagai akibat dari penyimpangan sosial yang terjadi di dalamnya. Perilaku-perilaku yang tidak sejalan dengan norma yang ada dalam masyarakat menjadikan individu yang menjalani perilaku tersebut, yang kemudian disebut sebagai melakukan penyimpangan sosial, dianggap sebagai bagian dari penyakit sosial dalam masyarakat itu.
Banyak hal yang melatarbelakangi munculnya penyimpangan sosial. Di antaranya, adalah:
Persoalan Ekonomi
Ini adalah persoalan yang sangat lazim bagi masyarakat. Banyak penyimpangan terjadi atas dasar ekonomi. Pencurian, pembunuhan, prostitusi, korupsi, adalah sebagian dari banyak tindakan yang menyimpang yang berkemungkinan besar didasari oleh persoalan ekonomi. Sekarang, kita melihat, sebagai contoh, ada seorang remaja yang nekat mencuri handphone temannya untuk membiayai ibunya yang sakit, atau sesama saudara rela berbunuhan untuk mendapatkan harta warisan, kemudian, ada yang mau menjajakan tubuh demi rupiah, lalu ada orang yang tampaknya pintar dan terpandang, namun ternyata perampok kelas kakap yang duduk di kursi-kursi pemerintahan.
Persoalan Keluarga
Jika kita melihat kasus-kasus seperti bunuh diri, narkoba yang dilakukan oleh remaja atau orang dewasa, sebagian mereka melakukan penyimpangan tersebut atas dasar ketidakharmonisan rumah tangga/keluarga. Seorang anak bisa saja tiap hari diberi uang saku yang banyak, namun, jika ia tak mendapatkan hak sebagai seorang anak dari orang tua, maka itu adalah masalah. Atau, seorang istri atau suami yang tidak sejalan lagi dengan pasangan hidup dan selalu berharap penyelesaian paling baik adalah melalui perceraian adalah kondisi awal yang dikhawatirkan munculnya penyimpangan sosial, apatah lagi jika pasangan tersebut telah memiliki anak, yang jika tersalah asuh bisa membuat sang anak kehilangan arah.
Pengaruh Lingkungan
Jika seseorarng hidup di lingkungan baik-baik, maka, sedikit banyak ia akan terimbas pada kebaikan-kebaikan dari lingkungan itu. namun, jika ia hidup di dalam lingkaran masyarakat yang suka berjudi, mabuk-mabukan, maka, bisa-bisa ia terbawa arus lingkungan yang ada di sekitarnya itu.
Kemajuan teknologi

Saat ini, informasi sangat mudah didapat. Hampir setiap rumah ada televisi. Warnet menjamur di mana-mana. Penyebaran budaya di seluruh dunia menyebar tanpa terbendung. Masyarakat disuguhkan dengan berbagai macam karakter dan budaya manusia. Hampir tidak ada batas untuk bisa ditutup-tutup. Ada yang menyuguhkan kekerasan sebagai budaya keseharian mereka. kemudian ada pergauan bebas sebagai ciri khas keseharian. Dalam masyarakat negeri ini, budaya-budaya tersebut telah diakui sebagai hal yang telah melanggar norma. 
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar