Pengertian Pencak Silat

Pengertian pencak silat dapat di jelaskan dari asal kata dan berdasarkan pendapat para ahli. Pencak Silat adalah kata majemuk. Pencak dan Silat mempunyai pengertian yang sama dan merupakan bagian dari kebudayaan masyarakat pribumi Asia Tenggara (Asteng), yakni kelompok masyarakat etnis yang merupakan penduduk asli negara-negara di kawasan Asteng (Brunei Darussalam, Filipina, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand dan Vietnam). Kata Pencak biasa digunakan oleh masyarakat pulau Jawa, Madura dan Bali, sedangkan kata Silat biasa digunakan oleh masyarakat di wilayah Indonesia lainnya maupun di Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam serta di Thailand (bagian Selatan) dan Filipina.
Penggabungan kata Pencak dan Silat menjadi kata majemuk untuk pertama kalinya dilakukan pada waktu dibentuk suatu organisasi persatuan dari perguruan Pencak dan perguruan Silat di Indonesia yang diberi nama Ikatan Pencak Silat Indonesia, disingkat IPSI pada tahun 1948 di Surakarta. Sejak saat itu Pencak Silat menjadi istilah resmi di Indonesia. Perguruan-perguruan yang mengajarkan Pencak dan Silat asal Indonesia di berbagai negara kemudian juga menggunakan istilah Pencak Silat.
Sedangkan pengertian pencak silat menurut para ahli adalah sebagai berikut:
Abdus Sjukur
Pencak  adalah gerakan langkah keindahan dengan menghindar yang disertakan gerakan berunsur komedi. Pencak dapat dipertotonkan sebagai sarana hiburan. Silat adalah unsur teknik bela diri menangkis, menterang dan yang tidak dapat diperagakan di depan umum (Abdul Sjukur merupakan tokoh perguruan tinggi pencak silat bawean).
Hasan Habudin
Pencak adalah seni bela diri yang diperagakan dengan diatur, padahal silat sebagai inti sari dari pecak tidak dapat diperagakan (Hasan Habudin merupakan adalah tokoh pencak silat pamur di madura). Di kalangan suku Madura pencak dianggap berakar dari bahasa Madura ‘apengkarepeng laju aloncak’, yaitu bergerak tanpa aturan sambil  meloncak. Silat ‘se amaen alat mancelat’ yaitu sang pemain berloncat kian kemari seperti kilat."
Boechori Ahmad
Istilah ‘pencak’ bersal dari Madura ajar dari kata ‘pecak’ sebetulnya lain, yaitu ‘acak mancak’ yang berarti melompat ke kiri ke kanan dengan menggerakkan tangan dan kaki (Boechori Ahmad merupakan tokoh pencak silat  Tapak Suci di Jember). Pencak adalah fitrah manusia untuk membela diri sedangkan silat sebagai unsur yang menghubungkan gerakan dan pikiran."
Mr. Wongsonegoro
Pencak adalah gerakan serang bela yang berupa tari dan berirama dengan peraturan adat kesopanan tertentu, yang biasa dipertunjukkan di depan umum (Tokoh dari IPSI). Silat adalah inti sari dari pecak, ilmu yang memperkelahian atau membela di mati matian yang tidak dapat dipertunjukan di depan umum."
Holidin
Pencak adalah akal pengetahuan, pengucap dan hak guna pakai Silat adalah silahturahim (Holidin merupakan tokoh Panglipur yang terletak di Bandung).
Soetardjonegoro
Pencak adalah gerak bela serang yang teratur menurut sistem, waktu, tempat dan iklim dengan selalu menjaga kehormatan masing-masing secara kesatria, tidak melukai perasaan (Soetardjonegoro merupakan tokoh Phasadja Mataram yang berada di yogyakarta). Silat adalah gerak bela serang yang erat hubungannya denngan rohani, sehinggga menghidup suburkan naluri, menggerakan hati nurani manusia, langsung menyerang kepada Tuhan Yang Maha Esa."
Penjelasan di atas sudah sangat cukup menjelaskan pengertian pencak silat. Pencak silat merupakan gerakan olah tubuh baik untuk mempertahankan diri dari serangan, sebagai sebuah pertunjukan seni maupun sebagai gerakan spiritual.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar