Pengertian Norma Sosial

Apa pengertian Norma sosial? Bayangan kita yang pertama adalah terjadinya kekacauan di mana-mana jika norma sosial tidak ditegakkan, atau di sebuah negeri yang tak punya norma sosial sama sekali. Kekerasan, penindasan, pelecehan, dan hal-hal yang merugikan orang lain terus dan akan terus terjadi. Lalu manusia memahami, butuhnya norma agar tidak ada kekacauan. Manusia butuh norma agar terciptanya keharmonisan.
Norma sosial, bisa kita defenisikan sebagai aturan atau pedoman yang mengatur tingkah laku manusia, mengatur sikap serta perbuatan. Dengannya, manusia melakukan hal-hal yang diterima sebagai sesuatu yang tidak melanggar norma, dan menjauhi hal-hal yang bertentangan dengan norma. Artinya, norma sosial merupakan peraturan, atau buku panduan yang berisi aturan-aturan/panduan yang ditujukan bagi manusia, mengenai bagaimana seharusnya manusia bertindak atas segala hal yang berlaku dalam masyarakat. Dan, norma sosial tersebut telah diterima secara umum sebagai sesuatu yang perlu dilaksanakan dalam hal sesuatu yang baik, dan perlu dijauhi saat dikatakan itu tak pantas dilakukan oleh individu atau kelompok masyarakat.
Norma sosial adalah kebiasaan umum yang menjadi patokan perilaku dalam suatu kelompok masyarakat dan batasan wilayah tertentu (Wikipedia)
Dari penjelasan di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa norma adalah kebiasaan yang berlaku dalam masyarakat dalam lingkup yang besar dan umum. Dan, ia, norma, telah menjadi patokan atau landasan perilaku di dalam kelompok masyarakat tertentu, semisal masyarakat indonesia.

            Secara singkat, norma sosial dapat kita katakan sebagai aturan-aturan yang ‘dipersembahkan’ untuk masyarakat guna memberikan ketentraman dan kenyamanan, dengan norma tersebut, manusia memahami ada hal yang memang pantas dilakukan (dengan itu bahkan bisa meninggikan derajat sebagai manusia) dan di beberapa hal itu adalah sesuatu yang sama sekali tak wajar dan tak pantas dilakukan oleh masyarakat.
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar