Pengertian Keputihan


Pengertian Keputihan. Keputihan dalam bahasa kedokteran biasa disebut dengan Leukorhea adalah nama untuk gejala yang diberikan pada cairan yang keluar dari alat genitalia wanita yang tidak berupa darah (Saifudin, 2007; Manuaba, 1998; Sianturi, 2001).
Menurut Manuaba 1998, keputihan bukan merupakan penyakit tersendiri, tetapi merupakan mani festasi gejala dari hampir semua penyakit kandungan. Sehingga untuk mengetahui penyebab utama keputihan harus dilakukan dengan melakukan anamnesa (wawancara), pemeriksaan kandungan dan pemeriksaan laboratorium. Namun dalam indomedia.com (2010), keputihan tidak selalu bersifat patologis, tetapi ada juga keputihan yang bersifat normal atau fisiologis.
Macam Keputihan
Dapat dibedakan antara keputihan yang fisiologis dan patologis. keputihan fisiologis terdiri atas cairan yang terkadang berupa mucus yang mengandung banyak epitel dengan leukosit yang jarang, sedangkan pada keputihan yang patologis terdapat banyak leukosit (Saifudin, 2007).
Keputihan fisiologis dapat ditemukan pada bayi yang baru lahir sampai umur kira-kira 10 hari, yang disebabkan pengaruh estrogen dari plasenta terhadap uterus dan vagina janin; waktu di sekitar menarche, karena mulai terdapat pengaruh estrogen dimana keputihan ini akan hilang sendiri; pada wanita dewasa apabila ia dirangsang sebelum dan pada waktu koitus yang disebabkan oleh pengeluaran transudasi dari dinding vagina; dan waktu di sekitar ovulasi dengan sekret dari kelenjar-kelenjar serviks uteri menjadi lebih encer ( Saifudin, 2007).

Sedangkan penyebab paling sering pada keputihan patologis adalah infeksi, biasanya cairan banyak mengandung leukosit dan warnanya agak kekuning-kuningan sampai hijau, sering kali lebih kental dan berbau (Saifudin, 2007).
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar