Pengertian Kegiatan Ekstrakurikuler

Pengertian Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan pengayaan dan perbaikan yang berkaitan dengan program kokurikuler dan intrakurikuler. Kegiatan ini dapat dijadikan  sebagai wadah  bagi  siswa  yang memiliki  minat  mengikuti  kegiatan tersebut. Melalui  bimbingan dan pelatihan guru,  kegiatan ekstrakurikuler dapat membentuk sikap positif terhadap kegiatan yang diikuti oleh para siswa.
Kegiatan  ekstrakurikuler yang diikuti dan dilaksanakan oleh siswa baik disekolah  maupun  di  luar  sekolah,  bertujuan  agar siswa  dapat  memperkaya  dan memperluas  diri.  Memperluas  diri  ini  dapat  dilakukan dengan memperluas wawasan pengetahuan dan mendorong pembinaan sikap atau nilai-nilai.
Pengertian  ekstrakurikuler  menurut  kamus  besar  bahasa  Indonesia (2002)  yaitu:”suatu  kegiatan  yang  berada di  luar  program  yang  tertulis  di dalam kurikulum seperti latihan kepemimpinan dan pembinaan siswa”. Kegiatan ekstrakurikuler  sendiri  dilaksanakan  diluar  jam  pelajaran  wajib.  Kegiatan  ini memberi  keleluasaan  waktu  dan  memberikan  kebebasan  pada  siswa,  terutama dalam menentukan jenis kegiatan yang sesuai dengan bakat serta minat mereka.
Menurut Rusli Lutan (1986) ekstrakurikuler adalah: Program  ekstrakurikuler  merupakan  bagian  internal  dari  proses  belajar yang menekankan pada pemenuhan kebutuhan anak didik. Antara kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler sesungguhnya tidak dapat dipisahkan, bahkan kegiatan ekstrakurikuler  perpanjangan  pelengkap  atau  penguat kegiatan  intrakurikuler  untuk  menyalurkan  bakat  atau  pendorong perkembangan potensi anak didik mencapai tarap maksimum.
Sehubungan  dengan  penjelasan  tersebut,  dapat dikemukakan  bahwa kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang menekankan kepada kebutuhan siswa  agar  menambah  wawasan,  sikap  dan  keterampilan  siswa  baik  diluar  jam pelajaran wajib serta kegiatannya dilakukan di dalam dan di luar sekolah. 
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar