Pengertian Kanker Hati

Pengertian kanker hati adalah jaringan atau sel hati yang melakukan pembelahan secara abnormal. Kanker adalah pertumbuhan dan perkembangbiakan sel-sel baru pada suatu  organ yang tumbuh abnormal, cepat, dan tidak terkendali dengan bentuk, sifat, dan gerakan yang berbeda dari sel asalnya serta merusak bentuk dan fungsi sel asalnya.
Kanker hati adalah pertumbuhan sel yang abnormal, cepat, dan tidak terkendali pada hati sehingga merusak bentuk dan fungsi organ hati. Dalam keadaan normal sel hati akan membelah diri jika ada penggantian selsel hati yang telah mati dan rusak. Sebaliknya sel kanker akan membelah terus sehingga terjadi penumpukan sel baru yang menimbulkan desakan dan merusak jaringan normal pada hati.
Kanker hati primer yaitu karsinoma hepatoseluler merupakan kanker hati yang sering dijumpai dan salah satu kanker yang paling banyak didunia.Penemuan dini kanker hati sukar dilakukan karena awalnya tidak menimbulkan gejala. Akibatnya, sebagian besar penderita kanker hati terdeteksi dalam stadium lanjut.
Patologi Kanker Hati
Berdasarkan pengamatan secara makroskopis kanker hati terdiri atas 3 bentuk yaitu:
Tipe noduler
Berbentuk multi noduler, biasanya hati membesar dengan nodul yang bermacam-macam besar dan bentuknya dan sering disertai sirosis.
Tipe massif
Bentuk masif yang besar pada salah satu lobus dengan hanya 1 nodul saja, tumor besar tersebut sering terdapat di lobus kanan dan pada lobus lainnya dijumpai tumor kecil.
Tipe difus
Umumnya besar hati terdapat dalam batas normal tapi seluruhnya terisi oleh sel-sel kanker dan kadang-kadang susah dibedakan dengan sirosis portal.
Menurut WHO secara histologik tipe kanker hati berdasarkan struktur sel tumor dibedakan atas  trabecular (sinusoidal), pseudoglandula  (asiner),  compact (padat), dan serous.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar