Pengertian ISPA

Apakah pengertian ISPA? ISPA sering disalah artikan sebagai infeksi saluran pernapasan atas. Yang benar ISPA merupakan singkatan dari Infeksi Saluran Pernapasan Akut. ISPAmeliputi saluran pernapasan bagian atas dan saluran pernapasan bagian bawah (klinikita, 2007).
Berikut ini adalah beberapa pengertian ISPA menurut para ahli, yaitu :
ISPA merupakan singkatan dari Infeksi Saluran Pernapasan Akut, istilah ini diadaptasi dari istilah dalam bahasa Inggris Acute Respiratory Infection(ARI). Penyakit infeksi akut yang menyerang salah satu bagian dan atau lebihdari saluran napas mulai dari hidung (saluran pernapasan atas) sampai alveoli(saluran pernapasan bawah) termasuk jaringan adneksanya seperti sinus ronggatelinga tengah dan pleura (Depkes, 2001).
ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) adalah suatu penyakit yangterbanyak diderita oleh anak- anak, baik dinegara berkembang maupun dinegara maju dan sudah mampu dan banyak dari mereka perlu masuk RumahSakit karena penyakitnya cukup gawat. Penyakit-penyakit saluran pernapasanpada masa bayi dan anak-anak dapat pula memberi kecacatan sampai padamasa dewasa (klinikita, 2007).
Istilah ISPA meliputi tiga unsur yakni infeksi, saluran pernafasan dan akut.Infeksi adalah masuk dan berkembangbiaknya agent infeksi pada jaringan tubuh manusia yang berakibat terjadinya kerusakan sel atau jaringan yang patologis.Saluran pernafasan adalah organ mulai dari hidung hingga alveoli beserta organ adneksanya seperti sinus-sinus, rongga telinga tengah dan pleura. Infeksi akut adalah infeksi yang berlangsung sampai dengan 14 hari.
Dengan demikian ISPA adalah infeksi saluran pernafasan yang dapat berlangsung sampai 14 hari, dimana secara klinis tanda dan gejala akut akibat infeksi terjadi di setiap bagian saluran pernafasan tidak lebih dari 14 hari.
Menurut Alsagaff dkk, ISPA adalah radang akut saluran pernafasan atas maupun bawah yang disebabkan oleh infeksi bakteri, virus maupun riketsia, tanpa atau disertai radang parenkim paru.