Organisasi Sosial Masyarakat

Organisasi sosial masyarakat sangat penting. Manusia menyadari pentingnya sebuah organisasi sebagai wadah untuk melaksanakan kerja sama demi tercapainya cita-cita bersama.Organisasi-organisasi tersebut, yang dibangun oleh masyarakt untuk tujuan memenuhi kebutuhan masyarakat, selalu kita sebut sebagai organisasi sosial masyarakat.
Ada empat karakteristik yang diberikan oleh  Berelson dan Steiner(1964:55). Karakteristik tersebut yaitu:
  1. Formalitas, adalah karakteristik organisasi sosial yang mengarah pada adanya rumusan tertulis dari peratutan-peraturan, ketetapan-ketetapan, prosedur, kebijaksanaan, tujuan, strategi, dll.
  1. Hierarkhi, adalah karakteristik organisasi yang mengarah pada adanya suatu pola kekuasaan dan wewenang yang berbentuk piramida, artinya ada orang-orang tertentu yang memiliki kedudukan juga kekuasaan serta wewenang yang lebih tinggi daripada anggota biasa dalam organisasi tersebut.
  1. Besarnya dan Kompleksnya, dalam hal ini pada umumnya organisasi sosial mempunyai banyak anggota sehingga hubungan sosial antar anggota adalah tidak langsung (impersonal).
  1. Lamanya (duration), mengarah pada diri bahwa keberadaan suatu organisasi lebih lama daripada keanggotaan orang-orang dalam organisasi itu.

Semua Organisasi sosial  memiliki tujuan memperbaiki masalah kesejahteraan sosial dan  dan kemanusiaan bersama pemerinrtah.
Fungsi Organisasi Sosial
Organisasi sosial memiliki fungsi, di antaranya: 
  1. Sebagai Patner pemerintah yang memiliki prinsip "Swadaya, swadana, dan sebuah usaha 
  2. Sebagai motivator dan transistor
Ogranisasi terbagi menjadi dua, yaitu formal dan informal. Organisasi formal, seperti dinyatakan oleh J. Winardi (2003) adaah organisasi yang dibentuk oleh sekumpulan orang/masyarakat yang memiliki suatu struktur yang terumuskan dengan baik, yang menerangkan hubungan-hubungan otoritasnya, kekuasaan, akuntabilitas dan tanggung jawabnya, serta memilki kekuatan hukum. Sedangkan Organisasi informal, berbeda dengan organnisasi formal, organisasi ini tidak memiliki struktur yang terumuskan dengan baik, karenanya sulit untuk mengadakan pertemuan anggota serta dalam pencapaian-pencapaian target bersama.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar