Masalah Sosial Dalam Masyarakat

Terdapat banyak masalah sosial dalam masyarakat. Segala sesuatu yang disebut sebagai masalah jika sesuatu, sebagai gejala, berjalan/bergerak di luar koridor yang semestinya. Maka, masalah sosial, bisa kita sebut sebagai gejala atau fenomena yang tidak semestinya pada masyarakat dan ia memiliki potensi penderitaan pada masyarakat. Sebuah permisalan, fenomena yang terjadi di simpang-simpang lampu lalu lintas; anak-anak hingga orang tua yang meminta sedekah adalah termasuk masalah sosial.
Selainnya, kita menemui masalah sosial lainnya, seperti pemakaian narkoba, pencurian, perjudian, pergaulan bebas, adalah beberapa di antara banyak masalah sosial yang ada.
Ada hal-hal yang memicu munculnya masalah sosial di masyarakat, hal-hal tersebut di antaranya adalah:
Masalah Ekonomi
Para peminta sedekah dan anak-anak yang membawa gitar kecil dari pintu mobil ke pintu mobil lainnya adalah masalah, dan kita bisa sepakat bahwa persoalan ekonomilah yang melatarbelakangi mereka melakukan hal demikian. Kalau saja orang tua mereka memiliki penghasilan berkecukupan dengan bekerja seperti masyarakat lain bekerja, tentu anak-anak tersebut tidak ada di simpang-simpang jalan tersebut, melainkan ada di bangku-bangku sekolah untuk belajar. Kemudian, masalah lain yang muncul yang diakibatkan oleh persoalan ekonomi, bisa, pencurian, pembunuhan, prostitusi, korupsi, adalah sebagian dari banyak tindakan yang menyimpang yang berkemungkinan besar didasari oleh persoalan ekonomi.
Masalah Keluarga
Broken home atau kekacauan rumah tangga bisa menjadi sebab seorang individu tersesat dalam masalah sosial. Idealnya, sebuah keluarga memiliki anggota keluarga yang mempunyai rasa tanggung jawab yang tinggi atas kewajibannya, selain menerima hak-hak yang patutnya ia miliki. Ia juga perlu memiliki integritas/kejujuran kepada sesama anggota keluarga. Jika sifat-sifat ini hilang, tak ada perasaan merasa bertanggung jawab atas keluarga yang telah dibangun, suami tidak merasa punya kewajiban menafkahi keluarga, si istri tidak merasa punya tanggung jawab melayani suami dan mendidik anak-anak. Maka, sudah dapat dibayangkan, bagaimana keadaan rumah tangga seperti ini nantinya.
Masalah Lingkungan Masyarakat
Kehidupan seseorang sangat dipengaruhi oleh bagaimana ia dibentuk oleh lingkungan yang ada di sekelilingnya. Jika lingkungan tempat tinggalnya dihuni oleh orang-orang yang santun, jujur dan saling membantu, maka ia akan terbawa pada kondisi lingkungan tersebut. Sebaliknya, jika hidup di tengah masyarakat yang tak mematuhi norma, suka mencela, senang dengan kesusahan orang lain, maka seseorang yang awalnya baik bisa terbawa pada kebiasaan buruk masyarakat dilingkungan sekitarnya.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar