Masalah Hubungan Sosial


     Masalah hubungan sosial, bisa berarti masalah yang terjadi dalam proses hubungan sosial. Kita menemukan dalam hubungan sosial, terjadi kasus-kasus yang berujung pada konflik sosial. Dalam sebuah teori, ada bentuk-bentuk hubungan sosial yang bisa mempengaruhi jalannya hubungan sosial itu sendiri. Bentuk-bentuk tersebut, ada yang berdampak baik atau positif, ada pula yang berdampak buruk atau yang bisa mengakibatkan terjadinya kekacauan dalam masyarakat. Di sini, kita akan membahas tentang teori yang berpotensi mengganggu keharmonisan hubungan sosial.
Persaingan atau kompetisi adalah suatu proses sosial dimana individu atau kelompok - kelompok manusia yang bersaing, mencari keuntungan melalui bidang - bidang kehidupan yang pada suatu masa tertentu menjadi pusat perhatian umum dengan cara menarik perhatian public atau dengan mempertajam prasangka yang telah ada, tanpa mempergunakan ancaman atau kekerasan.
Dalam kasus-kasus konflik terdapat dua pihak yang saling menantang dan saling mengancamkan kekerasan. Karena itu, tidak jarang dalam konflik - konflik tersebut mengakibatkan adanya korban jiwa dan harta . Dengan demikian apa yang dimaksudkan dengan konflik atau pertentangan ? Konflik atau pertentangan adalah suatu proses sosial yang berlangsung dengan melibatkan individu-individu atau kelompok-kelompok yang saling menantang antara satu dengan yang lainnya.
Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya konflik-konflik tersebut. Salah satu penyebab terjadinya konflik adalah perbedaan pendirian dan keyakinan. Konflik juga disebabkan karena perbedaan kebudayaan. Bahkan konflik yang disebabkan karena perbedaan kebudayaan ini tidak hanya melibatkan individu-individu, juga melibatkan kelompok-kelompok, bahkan melibatkan antarnegara. Kebudayaan yang berbeda akan menimbulkan perbedaan kepribadian dan perilaku di antara penganut kebudayaan-kebudayaan itu.
Tindakan-tindakan semisal mengejek, memfitnah, dan lain sebagainya, merupakan contoh-contoh dari apa yang disebut kontraversi. Dalam kontraversi terdapat usaha untuk merintangi pihak lain mencapai tujuan. Kontraversi adalah suatu bentuk proses sosial yang berada di antara persaingan dengan konflik. Dalam kontraversi yang terpenting adalah menggagalkan pencapaian tujuan pihak lain, walaupun tanpa ada upaya untuk menghancurkan pihak lain.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar