Manfaat Norma Sosial


Manfaat norma sosial dalam sebuah komunita/masyarakat memegang peranan penting. Sebagai makhluk yang berakal dan memiliki potensi untuk berpikir, manusia menyadari bahwa ada hal-hal yang patut ada dengan selalu dilsetarikan atau dipertahankan keberadaannya. Tanpa sesuatu itu, manusia beranggapan, akan terjadi ketidakseimbangan proses kehidupan individu hingga masyarakat. Sesuatu tersebut, keberadaannya, sadar atau tidak oleh masyarakat memberi hal dan dampak positif kepada masyaraka itu sendiri. Itulah yang disebut manfaat.
            Dalam kehidupan sosial bermasyarakat, norma sosial dianggap telah memberi unsur keharmonisan dengan pengendalian tingkah laku. Norma sosial, -yang secara umum sejalan dengan norma agama- selalu memberi manfaat yang banyak terhadap hubungan manusia dengan manusia lainnya. Kita bisa mengutip sebuah contoh, dalam pandangan norma sosial, praktek korupsi adalah dilarang. Barang siapa yang kedapatan  melakukan korupsi, maka akan ditindaklanjuti di ranah hukum. Norma sosial bertengangan dengan korupsi. Masyarakat menyadari, bahwa tindak kriminal yang berbentuk korupsi adalah termasuk melanggar norma sosial yang menjunjung tinggi keadilan dan melawan kezaliman. Korupsi adalah ketidakadilan dan kezaliman.
            Contoh diatas adalah salah satu dari sekian banyak manfaat norma sosial. Norma sosial, sebagai kesadaran, selain sebagai sebuat aturan, yang membawa masyarakat untuk selalu sensitif melihat nilai-nilai yang ada di di lingkungan masyarakat, berusaha menelaah hal-hal baru yang bisa berkemungkinan menimbulkan terganggunya kehidupan sosial, atau malah sebaliknya, bisa memperbesar kerukunan antar sesama.
            Jika yang terjadi adalah makin memperbesar kerukunan antar sesama, itu perlu dipertahankan agar tetap ada, sebab, segala sesuatu yang baik, selalu searah dengan fungsi norma sosial. Dan, jika yang terjadi adalah malah memunculkan pecah belah dalam masyarakat, maka secepatnya masyarakat perlu menindaklanjuti serta menghilangkan akar permasalahan dari keburukan-keburukan yang ada.
            Sadar atau tidak, dalam masyarakat, norma sosial sangat dibutuhkan sebagai sarana untuk mencapai nilai-nilai sosial. Dengan dipatuhinya norma sosial, setiap individu dalam masyarakat hakikatnya menuju harapan terbentuknya nilai-nilai sosial, sebagai cita-cita dari masyarakat yang menginingkan ketentraman dan keamanan.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar