Kondisi Sosial Masyarakat Indonesia

Dibawah ini ada beberapa Kondisi sosial masyarakat indonesia yaitu:
Suku Bangsa
Indonesia memiliki suku bangsa yang sangat kaya. Sebagian suku bangsa indonesia, secara etimologis berasal dari rumpun mongoloid. Umumnya tersebar di bagian barat indonesia. Sedangkan di bagian timur, adalah dari keturunan Melanesia serta Negroid.
Penduduk
Jumlah penduduk indonesia yang banyak menjadikan nagara ini salah satu negara yang paling padat penduduknya di dunia, yaitu di urutan keempat setelah Amerika Serikat.
Persebaran penduduk di beberapa wilayah di Indonesia masih belum merata. Sekitar 60% penduduk negeri ini masih terfokus di Pulau Jawa. Ketidakmerataan ini menyebabkan ketidakseimbangan pemerataan pembangaunan dari pemerintah.
Bahasa
Bahasa Indonesia telah dinobatkan menjadi bahasa resmi Indonesia. Bahasa ini tergolong dalam rumpun bahasa Melayu, yang mana, beberapa negara selain Indonesia pun memiliki rumpun bahasa ini, seperti Malaysia, Brunei, Singapura, dan Thailand.
Selain bahasa Indonesia, ada lebih kurang 300 bahasa daerah dengan dialek bahasa dan jenis aksaranya berbeda-beda.
Agama
Kepercayaan awal/nenek moyang Indonesia adalah animisme (percaya pada roh yang menempati benda-benda tertentu, semisal pohon) dan dinamisme (kepercayaan bahwa benda-benda tertentu memiliki kekuatan, semisal keris). Jauh sebelum ajaran agama hadir, kepercayaan ini telah ada. Pada zaman sekarang, agama terbesar di Indonesia adalah Islam (>85%), agama lainnya, adalah Katolik, Protestan, Hindu,
Budha serta Kong Hu Cu. Selainnya ada berbagai jenis aliran kepercayaan di tengah masyarakat.
Pendidikan
Pada tahun 2000, sekitar 28,7 juga anak negeri ini terdaftar sebagai siswa sekolah dasar. Program wajib belajar 6 tahun telah diadakan oleh pemerintah, yang kemudian disusul dengan digalalakkan dengan program pendidikan dasar 9 tahun, yaitu sekolah dasar enam tahun, sekolah menengah pertama tiga tahun, dan sekolah menengah atas tiga tahun. Usaha ini, tentunya bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonseia yang masih sangat rendah.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال