Khasiat Lidah Buaya


Khasiat Lidah buaya selain menyuburkan rambut, lidah buaya juga berkhasiat untuk mengobati sejumlah penyakit. Di antaranya diabetes melitus dan serangan jantung.Lidah buaya atau Aloevera adalah salah satu tanaman obat yang berkhasiatmenyembuhkan berbagai penyakit. Tanaman ini sudah digunakan bangsa Samariasekitar tahun 1875 SM.
Bangsa Mesir kuno sudah mengenal khasiat lidah buaya sebagai obat sekitar tahun1500 SM. Berkat khasiatnya, masyarakat Mesir kuno menyebutnya sebagai tanamankeabadian.
Seorang peracik obat-obatan tradisional berkebangsaan Yunani bernamaDioscordes, menyebutkan bahwa lidah buaya dapat mengobati berbagai penyakit.Misalnya bisul, kulit memar, pecah-pecah, lecet, rambut rontok, wasir, dan radangtenggorokan.
Dalam laporannya, Fujio L. Panggabean, seorang peneliti dan pemerhati tanamanobat, mengatakan bahwa keampuhan lidah buaya tak lain karena tanaman ini memilikikandungan nutrisi yang cukup bagi tubuh manusia. Hasil penelitian lain terhadap lidahbuaya menunjukkan bahwa karbohidrat merupakan komponen terbanyak setelah air,yang menyumbangkan sejumlah kalori sebagai sumber tenaga.
Aloe vera atau lebih dikenal dengan sebutan lidah buaya adalah tanaman tropis sukulen yang memiliki bentuk seperti daun berdaging. Daun ini memiliki banyak manfaat baik sebagai obat maupun untuk kosmetik.
Lidah buaya merupakan tananaman yang cukup unik karena mengandung berbagai senyawa biologis aktif seperti mannans asetat, polymannans, antrakuinon dan berbagai lektin.Lidah buaya juga mengandung sekitar 75 jenis zat yang telah dikenal bermanfaat dan lebih dari 200 senyawa lain yang membuatnya layak digunakan dalam pengobatan herbal.
Zat-zat tersebut termasuk : – Enzim yang membantu pencernaa dan mengurangi peradangan – Semua jenis vitamin terkecuali vitamin D – Mineral yang diperlukan untuk fungsi enzim – Gula rantai panjang untuk menyeimbangkan kembali sistem pencernaan – Saponin, yang berfungsi sebagai anti-mikroba – 20 dari 22 jenis asam amino
Berikut ini adalah sejumlah khasiat yang dapat Anda peroleh dari lidah buaya :
  1. Detoksifikasi: Jus lidah buaya adalah peluruh racun alami, namun juga mengandung beragam vitamin dan mineral yang membantu tubuh kita mengatasi stres dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Gangguan pencernaan:Lidah buaya berguna terutama pada kasus panas perut, iritasi usus dan tukak lambung. Lidah buaya diketahui dapat menenangkan esofagus dan mengatasi refluks asam.
  3. Kesehatan mulut: Lidah buaya sangat bermanfaat untuk masalah mulut dan gusi, terutama dalam memperbaiki gusi yang memburuk.
  4. Perawatan kulit:Menghilangkan jerawat, melembabkan kulit, detoksifikasi kulit, penghapusan bekas luka dan tanda, mengurangi peradangan, perbaikan dan peremajaan kulit.
  5. Diabetes: Setengah sendok jus lidah buaya yang diberikan selama 14 minggu, terbukti mengurangi kadar gula darah sebesar 45 persen.
  6. Membantu gerakan usus: Aloe lateks mengandung antrakuinon glycosidesaloin A dan B yang bermanfaat sebagai obat pencahar yang kuat.
  7. Menjaga berat badan: Jus lidah buaya telah digunakan selama bertahun-tahun untuk menurunkan berat badan.
  8. Kekebalan: Lidah buaya merupakan antioksidan yang penuh kontra radikal bebas untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  9. Luka bakar: Gel lidah buaya dapat menyembuhkan dan memperbaiki kulit yang terkena luka bakar, termasuk luka bakar akibat paparan sinar matahari.
  10. Ketombe: Lidah buaya dapat membantu dalam mengurangi gatal dan ketombe. Lidah buaya juga bisa digunakan sebagai perawatan rambut sebelum Anda keramas.


loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar