Keterampilan Menutup Pelajaran

Keterampilan menurup pelajaran sangat penting bagi seorang guru. Menurut Syaiful Bahri Djamarah (2005), untuk menutup pelajaran sebaiknya  guru  mengulangi  kembali  hal-hal  yang  dianggap  penting,  atau  kunci bahan  pelajaran  yang  diberikan.  Hal  ini  dapat  diberikan  setiap  saat  selesai memberikan konsep ataupun pada akhir pelajaran.
Menutup  pelajaran  ialah  kegiatan  yang  dilakukan  oleh  guru  untuk mengakhiri pelajaran atau kegiatan belajar mengajar. Usaha menutup pelajaran ini dimaksudkan  untuk  memberi  gambaran  menyeluruh  tentang  apa  yang  telah dipelajari  oleh  siswa,  mengetahui  tingkat  pencapaian  siswa  dan  tingkat keberhasilan guru dalam proses belajar mengajar (Moh. User Usman, 2006).
Dalam  menutup  pelajaran  guru  dapat  menuntun  siswa  untuk menyimpulkan pelajaran yang telah disampaikan oleh guru. Berikan kesempatan tersebut  kepada  siswa  terlebih  dahulu  setelah  itu  guru  yang  membenarkan, agar siswa lebih aktif dalam pembelajaran.
Menurut Udin Syaefudin Saud (2010), tujuan keterampilan menutup pelajaran yaitu untuk:
  1. Mengetahui tingkat keberhasilan siswa dalam mempe;ajari materi pelajaran. 
  2. Mengetahui tingkat keberhasilan guru dalam membelajarkan pada siswa. 
  3. Membantu  siswa  agar  mengetahui  hubungan  antar  pengalaman-pengalaman yang telah dikuasainya dengan hal-hal yang baru saja dipelajari.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar