Keterampilan Menjelaskan Pelajaran

Keterampilan menjelaskan pelajaran merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru. Menurut Udin  Syaefudin  Saud  (2010),  keterampilan  menjelaskan  dalam pembelajaran  ialah  keterampilan  menyajikan  informasi  secara  lisan  yang diorganisasi  secara  sistematis  untuk  menunjukan  hubungan  antara  satu  bagian dengan  bagian  yang  lainnya,  misalnya  sebab  dengan  akibat,  definisi  dengan contoh atau dengan sesuatu yang belum diketahui.
Guru diharapkan dapat menjelaskan materi dengan  jelas, bahasanya baku dan  mudah  dicerna  oleh  siswa.  Dengan  itu  siswa  akan  lebih  mudah  menerima pelajaran dan dapat memahami apa yang guru sampaikan kepada siswa. Guru juga harus  bisa  memusatkan  perhatian  siswa  ke  pelajaran  sehingga  tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Menurut  Moh.  User  Usman  (2006),  tujuan  memberikan  penjelasan ialah:
  1. Membimbing  siswa  untuk  mendapat  dan  memahami  hukum,  dalil,  fakta, definisi, dan prinsip secara obyektif dan bernalar. 
  2. Melibatkan  siswa  untuk  berpikir  dengan  memecahkan  masalah-masalah  atau pertanyaan. 
  3. Untuk  mendapat  balikan  dari  siswa  mengenai  tingkat  pemahamannya  dan untuk mengatasoi kesalahpahaman mereka. 
  4. Membimbing  siswa  untuk  menghayati  dan  mendapat  proses  penalaran  dan menggunakan bukti-bukti dalam pemecahan masalah.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar