Jenis-jenis Parfum

Terdapat beberapa jenis-jenis parfum.  Parfum memiliki banyak fungsi salah satunya adalah sebagai identitas seseorang. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa pemilihan aroma minyak wangi dapat menentukan sifat dan karakter seseorang. Bahkan ada juga yang digunakan untuk pengobatan alternatif.   
Berikut ini ada beberapa jenis parfum, antara lain adalah sebagai berikut:
Pure Parfume
Sebenarnya adalah sebuah extract wewangian dengan konsentrasi antara 15%-30% berupa minyak fragrance(campuran lainnya bisa berupa air atau alkohol) dan dapat bertahan lebih dari 6 jam jika dipakai. Beberapa merek menawarkan produknya dengan jenis ini, tapi biasanya sangat langka dan mahal. Beberapa minyak “aji – aji” tergolong dalam pure parfum ini.
SOIE de Perfume
Jenis yang tidak biasa beredar dipasaran komersial sama seperti pure perfume, dengan konsentrasi 15%-18% minyak perfume, dapat bertahan kurang lebih 3-6 jam jika digunakan.
Eau de Parfums
Jenis yang sedikit umum di pasaran dengan konsentrasi minyak antara 8%-15% dan bertahan kurang lebih 3-5 jam jika dipakai, harganya sedikit lebih mahal dari pada concentrated fragrance, tergantung dari merk dan jenisnya.
Eau de Toilette
Jenis yang sangat umum di pasaran industri wewangian, konsentrasi minyak perfume yang dikandung kurang lebih antara 4%-10% dan bertahan antara 3-4 jam jikadigunakan. Jenis ini biasanya jenis terkuat yang disediakan untuk parfume pria.
Eau de Cologne
Jenis dengan konsentrasi minyak 2%-5% dan dapat bertahan sampai dengan 3 jam. jenis ini dulu sempat sangat populer tapi saat ini sudah tidak sebanyak dulu, umumnya untuk jenis perfume wanita, masih sedikit umum dijumpai untuk perfume pria. Biasanya digunakan orang untuk pengganti mandi bila waktu kekepet.
After Shave(A/S)
Campuran dengan konsentrasi minyak 3% atau kurang, dan dapat bertahan kurang lebih 2-3 jam dan cukup umum dijumpai pada berbagai merk perfume. Biasanya pada after shavemengandung balmatau aloe(lidah buaya) yang digunakan untuk menenangkan pori-pori setelah bercukur bagi para pria, dan kandungan alkoholnya juga berfungsi untuk menutup kembali pori-pori.
Eau Fraiche
Jenis yang tidak umum untuk industri besar dengan campuran kurang dari 3% dan bertahan hanya sekitar 1 jam saja. Biasa pula disebut dengan nama Perfume Mistatau Splash.  Kata “Eau de” yang digunakan untuk beberapa istilah diatas dalam bahasa inggris berarti “water of”. Selain itu juga sering dijumpai tulisan “pour homme” (bahasa perancis) yang artinya adalah untuk pria atau dalam bahasa inggris berarti “for men” sedangkan lawannya adalah “pour femme” atau untuk wanita.
Minyak wangi harus dilarutkan ke dalam pelarut, karena minyak yang tidak dilarutkan (alami atausintetis) mengandung konsentrasi kimia yang tinggi (baik alami atau sintetis) yang kemungkinan besar mengakibatkan alergi dan luka padakulit jika langsung digunakan pada kulit atau pakaian. Selain itu juga, bau dari minyak wangi murni terlalu menyengat sehingga tidak bisa dikatakan wangi. Sampai saat ini pelarut yang paling umum adalah ethanol ataucampuran ethanol dan air. Minyak wangi juga bisa dilarutkan dengan menggunakan minyak dengan wangi netral seperti minyak kelapa atau lilin cair seperti minyak jojoba.
Intensitas dan ketahanan wangi dari parfum berdasarkan konsentrasi wangian yang terkandung, intensitas dan ketahanan akan semakin tinggi dengan semakin tingginyapersentase konsentrat wangian yang terkandung di dalamnya. Pembuat parfum dan rumah parfum yang berbeda menggunakan persentase wangian yang berbeda satu sama lainnya. Dengan demikian, walaupun konsentrasi minyak wangi yang digunakan dalam parfum Eau de Parfum(EdP) biasanya lebih tinggi dari yang terkandung di dalam Eau de Toilette(EdT), jumlah dan kadarnya berbeda-beda antara satu rumah parfum dengan rumah parfum yang lainnya. EdT buatan suatu rumah parfum bisa jadi lebih kuat dan tahan lama dari EdP buatan rumah parfum yang lain.
Parfum buat pria jarang yang berjenis EdP atau Perfume Extracts. Begitu juga parfum wanita jarang ditemukan dalam bentuk EdP. Walaupun demikian pembedaan jenis parfum berdasarkan konsentrat wangian tidak ada kaitannya dengan apakah suatu jenis parfum cocok untuk pria atau wanita. 
Aroma parfum wanita biasanya tidak sekuat parfum lelaki, karena produksi keringat pada lelaki lebih banyak. Menggunakan parfum tergantung dari pilihan (yang cocok untuk dibaurkan dengan bau badan) tetapi terutama yang sesuai dengan kepribadian pemakainya, serta dari dosis pemakaiannya.
Parfum yang sama baunya tidak sama jika dipakai oleh dua wanita. Memakai parfum berlebihan akan memberikan efek kurang nyaman bagi orang lain (pemakainya sendiri tidak mencium efek tersebut).
Dibawah ini terdapat jenis parfum yang dicocokkan dengan kepribadian pemakainya:
  1. Wanita Sportif. Wanita aktif, jujur, berpendirian teguh, sering kurang sabar. Jenis ini meliputi wanita segala umur. Karena gemar di alam bebas, pewangi yang cocok adalah yang berbau tumbuh-tumbuhan liar dan terbuat dari tanaman-tanaman pewangi ringan. 
  2. Wanita Periang / Gesit. Suka beradadi mana-mana, jenis yang menarik, mudah menaruh minat pada sesuatu tetapi mudah pula mengubah pendiriannya, mudah menangkap sesuatu, tidak anti rayuan, lelaki mudah memanfaatkan, kurang setia. Perkiraantabiat ini seperti dimaksud umumnya berlaku untuk usia antara 20 - 45 tahun. Mereka mempunyai gagasan-gagasan modern dan kreatif,progresif, cepat bertindak. Mereka suka pewangi yang tidak biasa dan tidak kolot, tetapi tidak berat. 
  3. Wanita Romantis. Pemikirannya sederhana dan tak berbelit-belit. Kesederhanaan merupakan daya tariknya. Ia termasuk wanita yang polos. Mereka senang pewangi yang jelas berbau bunga yang mempunyai arti romantis, seperti: mawar, melati, lily. 
  4. Wanita Pintar. Berpendirian praktis,ingin segala sesuatu harus tepat, bersifat agak pendiam, setia, dapat memegang teguh rahasia, bersedia memberikan nasehat. Dalam jenis ini termasuk wanita yang cukup dewasa dalam pemikiran. Mereka menggunakan pewangi sederhana yang memberi kesan dingin dan mempesona, tetapi berkesan agak sportif. 
  5. Wanita Dewasa. Wanita jenis ini biasanya berusia sekitar 30 tahun ke atas. Dalam pergaulan sangat menjaga penampilan. Mereka cocok dengan parfum yang exotis dengan keharuman wangi-wangian dari negara tropis atau berhawa panas.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar