Jenis Bakteri Asam Laktat


Berikut merupakan beberapa jenis bakteri asam laktat  menurut Sumanti (2008) antara lain sebagai berikut
Streptococcus thermophilus, Streptococcus lactis  dan Streptococcus cremoris.
Semuanya ini adalah bakteri gram positif, berbentuk bulat (coccus) yang terdapat sebagai rantai dan semuanya mempunyai nilai ekonomis penting dalam industri susu.
Pediococcus cerevisae.
Bakteri ini adalah gram positif berbentuk bulat, khususnya terdapat berpasangan atau berempat (tetrads). Walaupun jenis ini tercatat sebagai perusak bir dan anggur, bakteri ini berperan penting dalam fermentasi daging dan sayuran.
Leuconostoc mesenteroides dan Leuconostoc dextranicum.
Bakteri ini adalah gram positif berbentuk bulat yang terdapat secara berpasangan atau rantai pendek. Bakteri-bakteri ini berperanan dalam perusakan larutan gula dengan produksi pertumbuhan dekstran berlendir.  Walaupun demikian, bakteri-bakteri ini merupakan jenis yang penting dalam 18 permulaan fermentasi sayuran dan juga ditemukan dalam sari buah, anggur, dan bahanpangan lainnya.
Lactobacillus lactis, Lactobacillus acidophilus, Lactobacillus bulgaricus, Lactobacillus plantarum, Lactobacillus delbrueckii.
Organisme-organisme ini adalah bakteri berbentuk batang, gram positif dan sering berbentuk pasangan dan rantai dari sel-selnya. Jenis ini umumnya lebih tahan terhadap keadaan asam dari pada jenis-jenis  Pediococcus  atau Streptococcus dan oleh karenanya menjadi lebih banyak terdapat pada sayuran. Pada hewan ternak lain seperti sapi bali dapat ditemukan bakteri asam laktat seperti Lactobacillus lactis dan Lactobacillus brevis (Suardana, 2007).
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar