Hakekat Belajar dan Pembelajaran

Sebagai seorang praktisi pendidik, harus mengetahui hakekat belajar dan pembelajaran. Belajar merupakan suatu usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru sebagai hasil dari proses interaksi individu dengan lingkungannya. Belajar merupakan suatu proses yang terarah kepada pencapaian tujuan atau kompetensi yang telah ditetapkan.
Pandangan beberapa ahli tentang belajar (dalam Dimyati dan Mudjiono, 2006)  adalah sebagai berikut:
Belajar menurut pandangan Skinner
Belajar adalah suatu perilaku. Pada saat orang belajar, maka responsnya menjadi lebih baik. Sebaliknya, bila ia tidak belajar maka responsnya menurun.
Belajar menurut Gagne
Menurut Gagne belajar merupakan kegiatan yang kompleks. Hasil belajar berupa kapabilitas. Setelah belajar orang memiliki keterampilan, pengetahuan, sikap, dan nilai. Timbulnya kapabilitas tersebut adalah dari:
  • Stimulasi yang berasal dari lingkungan
  • Proses kognitif yang dila kukan oleh pebelajar.
Belajar menurut pandangan Piaget
Piaget berpendapat bahwa pengetahuan dibentuk oleh individu. Sebab individu melakukan interaksi terus-menerus dengan lingkungan. Lingkungan tersebut mengalami perubahan. Dengan adanya interaksi dengan lingkungan maka fungsi intelek semakin berkembang.
Dari beberapa pandangan di atas dapat dikemukakan bahwa belajar itu merupakan:
  1. Suatu proses yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa. 
  2. Proses interaksi antara siswa dengan lingkungannya untuk memperoleh perubahan tingkah laku secara keseluruhan sebagai hasil proses belajar mengajar. Proses interaksi ini diwujudkan dalam kegiatan belajar mengajar atau pembelajaran.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar