Gejala Sosial Dalam Masyarakat

Diantara Gejala sosial dalam masyarakat seperti perubahan sosial dapat dikatakan sebagai suatu perubahan dari gejala-gejala sosial yang ada pada masyarakat, dari yang bersifat individual sampai yang lebih kompleks, dari yang sifatnya kecil, hingga yang besar. Perubahan sosial dapat kita lihat dari sisi terganggunya kesinambungan diantara kesatuan sosial walaupun keadaannya relatif kecil. Artinya, perubahan sosial akan bisa dikatakan muncul saat terjadinya gangguan kesatuan sosial, terlepas dari kadarnya yang kecil atau besar. Perubahan ini bisa meliputi struktur, fungsi, nilai, norma, pranata, dan semua aspek yang dihasilkan dari interaksi antarmanusia, organisasi atau komunitas, termasuk perubahan dalam hal budaya.
Di bawah ini, kita bisa melihat contoh dari perubahan sosial yang terlihat dari gejala-gejala sosial yang ada:
Perubahan Mode pakaian
Apakah perubahan mode pakaian terjadi dengan sendirinya? Tidak. Tentu saja perubahan mode pakaian itu terjadi karena ada sebab-sebab pendorongnya, seperti masuknya kebudayaan barat melalui televisi atau internet. Namun, perubahan mode pakaian itu bisa juga tidak terjadi di daerah lain yang masih terpencil, yaitu yang masih belum dijamah oleh teknologi informasi, atau pula, tempat yang memang telah memiliki teknologi, hanya saja mereka sangat ketat menjaga kepribadian atau jati diri sebagai seorang yang taatberagama.
Pemakaian alat komunikasi
Ketika duapuluh tahun yang lampau, komunikasi antara manusia masih menggunakan surat, telegram, dan lain-lain, maka beberapa tahun belakangan ini nyaris semua masyarakat telah menggunakan handpone sebagai alat komunikasi. SMS telah menggeser fungsi surat dan setahun terakhir ini SMS telah tergeser dengan trend BBM diantara pengguna blackberry. 
Permasalahan Keluarga
Jika kita melihat kasus-kasus seperti bunuh diri, narkoba yang dilakukan oleh remaja atau orang dewasa, sebagian mereka melakukan penyimpangan tersebut atas dasar ketidakharmonisan rumah tangga/keluarga. Seorang anak bisa saja tiap hari diberi uang saku yang banyak, namun, jika ia tak mendapatkan hak sebagai seorang anak dari orang tua, maka itu adalah masalah. Atau, seorang istri atau suami yang tidak sejalan lagi dengan pasangan hidup dan selalu berharap penyelesaian paling baik adalah melalui perceraian adalah kondisi awal yang dikhawatirkan munculnya penyimpangan sosial, apatah lagi jika pasangan tersebut telah memiliki anak, yang jika tersalah asuh bisa membuat sang anak kehilangan arah.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar