Gejala Kanker Hati

Terdapat gejala-gejala kanker hati yang dapat dikenali, baik karena gejala fisiologis maupun dengan pemeriksaan laboratorium. Gejala kanker hati termasuk ke dalam gajala tumor ganas. Hati merupakan salah satu organ penting pada tubuh. Hasil survei di dunia setiap tahunnya menghasilkan sekitar 60000 pasien kanker hati baru. Insiden penyakit kanker hati, menepati urutan keenam dari keseluruhan insiden kanker. Hal ini tentu saja, menjadikan kanker hati sebagai hal yang menakutkan sehingga setiap harus sadar untuk mengetahui informasi tentang gejala kanker hati ini. Pada wilayah negara Asia Timur dan Tenggara, memiliki insiden penyakit kanker hati tertinggi. Sekitar usia 50-60 rentan terserang kanker hati ini dan umumnya para kaum pria 7-10 kali lebih berpotensi mengalami kanker ini, dibandingkan wanita.
Kanker hati seringkali tidak menimbulkan gejala. Ketika kanker bertambah besar, orang mungkin melihat satu atau lebih dari gejala umum ini:
  1. Rasa sakit di perut bagian atas di sisi kanan
  2. Sebuah benjolan atau rasa berat di perut bagian atas
  3. Bengkak (kembung) pada perut
  4. Kehilangan nafsu makan dan perut terasa penuh
  5. Penurunan berat badan tanpa sebab jelas
  6. Kelelahan kronis
  7. Mual dan muntah
  8. Kulit dan mata berwarna kuning, tinja pucat, dan urine berwarna gelap
  9. Demam
Gejala ini dapat disebabkan oleh kanker hati atau masalah kesehatan lainnya. Jika Anda memiliki gejala-gejala tersebut, Anda harus memberi tahu dokter Anda sehingga masalah dapat didiagnosis dan diobati sedini mungkin.