Fenomena Sosial Dalam Masyarakat

Dalam tulisan ini ada beberapa fenomena sosial dalam masyarakat yang akan kita hadirkan.
Kenakalan Remaja
Kenakalan remaja mencakup semua perilaku yang menyimpang dari norma-norma hukum pidana yang dilakukan oleh remaja. Perilaku tersebut merugikan dirinya sendiri dan orang-orang di sekitarnya. Para ahli pendidikan sependapat, remaja adalah mereka yang berusia 13-18 tahun. Pada usia tersebut, seseorang sudah melampaui masa kanak-kanak, namun masih belum cukup matang untuk dapat dikatakan dewasa. Ia berada pada masa transisi atau kita sebut sebagai masa peralihan.
Jenis-jenis kenakalan remaja
1.     Penyalahgunaan narkoba
2.     Seks bebas
3.     Tawuran antara pelajar
Penyebab terjadinya kenakalan remaja
Perilaku 'nakal' remaja bisa disebabkan oleh faktor dari remaja itu sendiri (internal) maupun faktor dari luar (eksternal). 
Faktor internal:
1.     Krisis identitas
2.     Kontrol diri yang lemah
Faktor eksternal:
1.     Keluarga
2.     Teman sebaya yang kurang baik
3.     Komunitas/lingkungan tempat tinggal yang kurang baik.
Terorisme
Terorisme berawal dari kata ‘teror’ yang artinya ketakutan. Terorisme yang bisa kita lihat di media saat ini memberi rasa takut kepada masyarakat. Siapa pun ia, jika ia memiliki niat dan bertindak yang mengakibatkan perasaan takut pada masyarakat, maka ia atau golongan itu telah memberikan teror pada masyarakat.

Perdagangan Manusia
Perdagangan manusia adalah segala transaksi jual beli terhadap manusia. Menurut Protokol Palermo pada ayat tiga definisi aktivitas transaksi meliputi:
1.     Perikritan
2.     Perekrutan
3.     Pengiriman
4.     Pemindah-tanganan
5.     Penampungan atau penerimaan orang
Kemiskinan
Kemiskinan merupakan kondisi dimana terjadi ketidakmampuan memenuhi kebutuhan dasar semisal makanan, pakaian, tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan.

Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar