Dampak Hubungan Sosial

Dalam kehidupan tentu ada dampak hubungan sosial. Tiap apa yang dilakukan manusia, baik terhadap diri sendiri, maupun terhadap orang lain adanya interaksi atau hubungan, atau komunikasi, tak bisa lepas dari dampak yang ditimbulkannya di kemudian hari. dalam tulisan ini, kita akan membahas tentang dampak yang ditimbulkan oleh hubungan sosial yang terjadi di dalam masyarakat.
            Hubungan sosial yang baik akan mendapatkan hasil atau dampak yang baik pula. Semisal, hubungan sosial dalam bentuk hubungan persahabatan, akan menghasilkan keharmonisan dalam berinteraksi. Namun, jika yang terjadi adalah hubungan kontroversi atau pertentangan, maka tidak akan ada kondisi aman atau harmonis yang tercipta dalam masyarakat.
            Dalam dunia usaha, sering kali kita menemui peristiwa-peristiwa hubungan sosial ini. ada yang menciptakan dunia usaha dengan mengedepankan hubungan sosial yang harmonis, semisal, asimilasi, yang memiliki faktor-faktor:
  1. Sikap toleransi
  2. Perkawinan campuran
  3. Adanya kesamaan berbagai unsur budaya
  4. Keterbukaan golongan penguasa.
Faktor-faktor yang seperti di atas cukup menguatkan akan adanya dampak kebaikan dalam masyarakat. Pada poin pertama, sikat toleransi,  yang di beberapa kasus dalam dunia usaha sudah jarang ditemukan. Sering kali, antara atasan dan bawahan sudah tidak memiliki hubungan yang baik, salah satu sebabnya adalah pudarnya sikap toleransi.
            Dalam hubungan bermasyarakat, khususnya dalam perdagangan, kita menemukan adanya persaingan untuk mendapatkan keuntungan. Persaingan tersebut ada kalanya berdampak negatif atau buruk, juga bisa berdampak baik atau positif.
Jika persaingan tidak disertai dengan rasa dengki dan hasrat untuk menjatuhkan pihak yang sedang sama-sama bersaing, maka persaingan ini cukup bisa dikatakan sebagai persaingan sehat. Sebab, banyak hal positif dari persaingan atau kompetisi yang baik ini. dengan kompetisi ini, semangat untuk terus maju dan saling memajukan terus muncul dalam tiap aktifitas perdagangan.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar