Contoh Norma Sosial


Disekitar kita terdapat beberapa contoh norma sosial. Mungkin, bayangan kita adalah kekacauan di mana-mana jika norma sosial tidak ditegakkan, atau di sebuah negeri yang tak punya norma sama sekali. Kekerasan, penindasan, pelecehan, dan hal-hal yang merugikan orang lain terus dan akan terus terjadi. Lalu manusia memahami, butuhnya norma, sebagai aturan atau pedoman yang mengatur tingkah laku manusia, mengatur sikap serta perbuatan. Dengannya, manusia melakukan hal-hal yang diterima sebagai sesuatu yang tidak melanggar norma, dan menjauhi hal-hal yang bertentangan dengan norma.
Sekarang, mari kita lihat contoh norma sosial berdasarkan tingkatan norma
Cara (usage). 
Cara merupakan bentuk perbuatan tertentu yang dilakukan individu dalam suatu masyarakat tetapi tidak secara terus-menerus. Contohnya, cara makan yang wajar dan baik apabila tidak mengeluarkan suara seperti hewan, atau dengan tangan kanan, juga tidak sambil bernyanyi-nyanyi.
Kebiasaan (folkways)
Kebiasaan merupakan bentuk perbuatan berulang-ulang dengan bentuk yang sama yang dilakukan secara sadar dan mempunyai tujuan-tujuan jelas dan dianggap baik dan benar. Contohnya, memberi hadiah kepada orang-orang yang berprestasi dalam suatu kegiatan atau kedudukan, memakai baju yang bagus pada waktu pesta. kesopanan dalam berperilaku/berpenampilan sopan
Tata kelakuan (mores)
Tata kelakuan adalah sekumpulan perbuatan yang mencerminkan sifat-sifat hidup dari sekelompok manusia yang dilakukan secara sadar guna melaksanakan pengawasan oleh sekelompok masyarakat terhadap anggota-anggotanya. Dalam tata kelakuan terdapat unsur memaksa atau melarang suatu perbuatan. Sebagai contoh, melarang pembunuhan, pemerkosaan, atau menikahi saudara kandung.
Adat istiadat (custom)
Adat istiadat adalah kumpulan tata kelakuan yang paling tinggi kedudukannya karena bersifat kekal dan terintegrasi sangat kuat terhadap masyarakat yang memilikinya. Contohnya, dalam pernikahan, setiap suku memiliki adat istiadatnya masing-masing, baik dari segi pakaian, hingga makanan, memiliki ciri khas tersendiri sebagai pembeda norma yang ada dalam adat istiadat tersebut.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar