Cara Meningkatkan Kemampuan Penerjemahan

Ada beberapa cara meningkatkan kemampuan penerjemahan. Ada beberapa poin penting perihal cara meningkatkan kemampuan penerjemahan kita. Poin-poin tersebut, menurut Sukur (2009) di antaranya adalah sebagai berikut:
Tanya orang yang lebih tahu
Kita tak perlu segang-segan bertanya kepada orang kita anggap lebih tahu atau memiliki pengalaman yang lebih dalam aspek penerjemahan ini. kita bisa bertanya apa pun, selama itu masih berhubungan dengan penerjemahan
Membeli dan membaca buku
Saat ini, sangat banyak buku tentang teori penerjemahan. Kita bisa menemukan buku-buku tersebut di toko-toko buku. Buku-buku tersebut, biasanya ditulis oleh para ahli di bidang penerjemahan, apakah itu para pakar di bidang teori penerrjemahan maupun oleh para praktisi penerjemahan. Kita bisa membelinya di toko-toko buku.
Bergabung dengan milis atau grup penerjemahan di internet
Di internet, banyak sekali milis atau grup yang mewadahi para penerjemah. Di milis seperti ini, biasanya berkumpul para penerjemah –baik yang sudah profesional maupun yang masih pemula. Keuntungan bergabung di milis atau grup para penerjemah di internet seperti ini adalah biasanya para penerjemah saling membagi pengalaman dan pengetahuan, terutama yang berkaitan dengan kata sulit yang tidak ditemukan di dalam kamus. Atau juga yang berkaitan dengan kalimat-kalimat yang sulit dipahami. Para anggota milis saling berkirim email untuk memberitahukan masalah yang sedang dihadapinya dalam menerjemahkan sebuah naskah. Dalam waktu singkat, puluhan anggota lain memberikan tanggapan sehubungan dengan yang mereka ketahui tentang masalah yang kita hadapi.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar