Cara Mencegah Keputihan


Ada beberapa cara mencegah keputihan. Keputihan bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengurangi rasa percaya diri, khususnya bagi wanita yang sudah menikah. Namun, keputihan bukan keluhan yang bisa dianggap sepele. Sebab, tak jarang keputihan yang abnomal yang disebabkan oleh bakteri dan jamur bisa memicu kemandulan atau menurunkan kesuburan.
Keputihan dapat dicegah dengan menghindari faktor-faktor penyebab keputihan itu sendiri dan yang paling utama dalam mencegah terjadinya keputihan adalah dengan menjaga kebersihan dan kelembaban organ genitalia (Kompas, 2010).
Pencegahan keputihan yang sederhana tetapi penting yaitu dengan cara mencebok yang benar yaitu mulai dari alat kelamin dahulu baru kemudian ke arah anus (Sianturi, 2001).
Pemeriksaan dini juga merupakan cara pencegahan keputihan yaitu dengan melakukan pemeriksaan pap secara berkala, sehingga dapat diketahui secara lebih dini apakah keputihan yang terjadi telah menjadi sel-sel yang ganas dan menimbulkan sel kanker (Sianturi, 2001).
Berikut adalah cara untuk membantu mencegah dan mengobati keputihan, seperti dilansir University of Maryland Medical Center.
  1. Jaga area genital tetap bersih dan kering.
  2. Membersihkan vagina dengan sabun pembersih. Sementara banyak wanita merasa lebih bersih jika mereka mandi setelah menstruasi atau hubungan seksual, cara ini justru memperburuk keputihan karena menghilangkan bakteri sehat yang melapisi vagina yang bertugas untuk melindungi Anda dari infeksi. Hal ini juga dapat menyebabkan infeksi pada rahim dan saluran tuba.
  3. Gunakan krim anti-jamur, jika Anda tahu bahwa Anda menderita infeksi jamur.
  4. Makan yogurt atau minum tablet untuk menghindari infeksi jamur.
  5. Gunakan kondom untuk menghindari penyebaran penyakit menular seksual.
  6. Hindari penggunaan semprotan pembersih kelamin,wewangian, atau serbuk di daerah kelamin.
  7. Hindari memakai celana yang sangat ketat atau celana pendek, yang dapat menyebabkan iritasi.
  8. Pakailah celana dalam berbahan katun.
  9. Hindari pakaian yang terbuat dari sutra atau nilon, karena bahan ini tidak menyerap keringat dan membatasi aliran udara. Akibatnya, keringat yang menumpuk di daerah kelamin bisa menyebabkan iritasi.
  10. Menjaga kadar gula darah tetap di bawah kontrol jika Anda memiliki diabetes.
Inilah sepuluh cara mencegah keputihan yang menjadi momok menakutkan bagi wanita
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar