Peranan Manajemen Sumber Daya manusia

Peranan manajemen sumber daya manusia sangat penting untuk meningkatkan mutu dan kualitas sumber daya manusia dalam manajemen. Manajemen adalah fungsi yang berhubungan dengan mewujudkan hasil tertentu melalui kegiatan orang-orang . hal ini berarti bahwa sumber daya manusia berperan penting dan demikian dalam manajemen.
Manajemen sumber daya manusia mengatur dan menetapkan program kepegawaian yang mencakup masalah-masalah sebagai berikut:
  1. Menetapkan jumlah kualitas dan penempatan tenaga kerja yang efektif sesuai dengan kebutuhan perusahaan berdasarkan job description (pembagian tugas). 
  2. Menetapkan penarikan, seleksi, dan penempatan  karyawan. 
  3. Menetapkan program kesejahteraan, pengembangan promosi dan pemberhentian. 
  4. Meramalkan penawaran dan permintaan sumber daya manusia pada masa yang akan datang. 
  5. Memperkirakan keadaan perekonomian pada umumnya dan perkembangan perusahaan pada khususnya. 
  6. Memonitor dengan cermat undang-undang perburuhan dan kebijaksanaan pemberian balas jasa perusahaan sejenis.
Peranan Manajemen Sumber Daya  Manusia di akui sangat menentukan bagi terwujudnya tujuan tetapi tidak untuk memimpin unsur sangat sulit dan rumit.
Tenaga kerja manusia selain mampu, cakap dan terampil, juga tidak kalah pentingnya kemauan dan kesungguhan mereka untuk bekerja efektif dan efisien. Kemampuan dan kecakapa kurang berarti jika tidak diikuti moral kerja dan kedisiplinan karyawan dalam mewujudkan tujuan.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar