Pengertian Prestasi Akademik

Pengertian prestasi akademik menurut Crow dan Crow (1969, dalam Leng, 2011) diartikan sebagai tingkat pembelajaran dari instruksi yang diberikan padanya dalam area pembelajaran tertentu atau dengan kata lain prestasi tercermin oleh tingkat keterampilan dan pengetahuan yang telah di sampaikan padanya.
Menurut Sobur (2006; dalam Sahputra, 2009) prestasi akademik merupakan perubahan dalam hal kecakapan tingkah laku, ataupun kemampuan yang dapat bertambah selama beberapa waktu dan tidak disebabkan proses pertumbuhan, tetapi adanya situasi belajar.
Perwujudan bentuk hasil proses belajar tersebut dapat berupa pemecahan lisan maupun tulisan, dan keterampilan serta pemecahan masalah langsung dapat diukur atau dnilai dengan menggunakan tes yang terstandar. Prestasi akademik menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah penguasaan pengetahuan  atau  ketrampilan  yang  dikembangkan  oleh  mata  pelajaran, lazimnya ditunjukkan oleh nilai atau angka yang diberikan oleh guru.
Menurut Azwar (2002) prestasi akademik merujuk pada apa yang mampu dilakukan oleh seseorang dan seberapa baik ia melakukannya dalam menguasai bahan-bahan dan materi yang telah diajarkan.
Muryono (2000) menyebutkan prestasi akademik adalah suatu istilah yang menunjukkan derajat keberhasilan siswa mencapai tujuan belajar setelah mengikuti proses belajar dari satu program yang telah di tentukan.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar