Pengertian Pendidikan Agama Islam

Pengertian pendidikan agama Islam menurut Shaleh (1986) adalah usaha berupa bimbingan dan asuhan terhadap anak didik agar dapat mengamalkan ajaran-ajaran agama Islam serta menjadikannya sebagai jalan hidup (Way of life). Pengertian yang diberikan oleh Shaleh (1986) tersebut mengandung arti bahwa agama dapat dijadikan sebagai petunjuk (pedoman) bagi manusia di dalam mengarungi kehidupan yang penuh liku-liku.
Marimba (1980) memberikan pengertian pendidikan agama Islam sebagai bimbingan jasmani dan rohani yang berdasarkan hukum-hukum agama Islam menuju kepada terbentuknya kepribadian utama menurut ukuran-ukuran Islam. Hal tersebut berarti bahwa pendidikan agama diharapkan dapat terbentuk kepribadian sesuai dengan hukutn Islam.
Pendidikan agama Islam menurut Daradjat (1976) tidak hanya mengajarkan pengetahuan agama secara teoritis maupun praktik misalnya cara melaksanakan ibadah, akan tetapi pendidikan agama Islam lebih jauh dari itu yaitu bertujuan untuk membentuk kepribadian anak sesuai dengan ajaran agama. Jadi pendidikan agama Islam bukanlah sekedar bersifat teoritis akan tetapi mampu diinternallsasikan dalam diri seacorang sehingga terbentuk kepribadian yang sesuai dengan norma-norma yang terkandunn didalam agama Islam.
AI Abrasy (1970) memberikan definisi tentang Pendidikan agama Islam sebagai suatu usaha untuk mendidik akhlak dan jiwa seseorang agar tertanam rasa fadhiHah atau keutamaan sehingga ia terbiasa dengan kesopanan yang tinggi, dan mampu mempersiapkan suatu kehidupan yang suci seluruhnya secara ikhlas dan jujur. Hal itu berarti bahwa pendidikan agama Islam menurut Al Abrasy (1970) dapat mendidik seseorang untuk memiliki akhlak yang baik dan jujur, serta terbiasa dengan kesopanan dan kehidupan yang suci.
Al Taumy (1979) mcngatakan bahwa pendidikan sebagai suata proses pertumbuhan untuk membentuk pengalaman dan perubahan yang dikehendaki dalam tingkah laku individu dan.kelompok, dan hanya akan berhasil jika melalui interaksi seseorang dengan benda sckilar serta alarn sekilar.
Latif (1970) memberikan definisi bahwa pendidikan agama Islam adalah usaha-usaha yang sistematis dan prograinatis dalam membimbing anak didik yang beragama Islam sehingga ajaran-ajaran agama tersebut benar-benar menjadi bagian yang integral dalam pribadinya, dan ajaran agama tersebut benar-benar dipahami, diyakini dan diamalkan serta menjadi pedoman hidup, pengendalian bagi perbuatan-perbuatannya, ucapan-ucapannya, pemikirannya dan sikap mentalnya.
Langgulung (1980) mendefinisikan pendidikan agama dalam arti luas yaitu untuk merubah dan memindahkan nilai-nilai kebudayaan kepada setiap individu dalam masyarakat. Menurut Tauhied (1978) pendidikan agama Islam adalah upaya untuk mempersiapkan anak atau individu dalam menumbuhkan kepribadian baik dari sisi jasmani, akal pikiran dan rohani dengan pertumbuhan yang terus-menerus, sehingga dapat menjalani kehidupan secara sempurna dan dapat menjadi anggota masyarakat yang berguna bagi dirinya dan umatnya.
Berdasarkan definisi-definisi para ahli tentang pengertian pendidikan agama Islam tersebut, maka dapat disimpulkan definisi (pengertian) pendidikan agama Islam yaitu suatu usaha yang dilakukan oleh pendidik kepada anak didik baik itu berupa pemberian ilmu tentang agama yang bersifat teoritis maupun praktis yang berdasarkan hukum-hukum agama Islam, dalam rangka pembentukan kepribadian anak didik agar memiliki akhlak yang rriulia dan dapat mengerti dan mengamalkan ajaran-ajaran agama tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar