Pengertian Neurosis

Beberapa ahli sudah memberikan pengertian neurosis secara lengkap.  Neurosis kadang-kadang disebut psikoneurosis dan gangguan jiwa (untuk membedakannya dengan psikosis atau penyakit jiwa.  Menurut Singgih Dirgagunarsa (1978), Pengertian neurosis adalah gangguan yang terjadi hanya pada sebagian dari kepribadian, sehingga orang yang mengalaminya masih bisa melakukan pekerjaan-pekerjaan biasa sehari-hari atau masih bisa belajar, dan jarang memerlukan perawatan khusus di rumah sakit. 
Dali Gulo (1982), berpendapat bahwa neurosis adalah suatu kelainan mental, hanya memberi pengaruh pada sebagaian kepribadian,  lebih ringan dari psikosis, dan seringkali ditandai dengan : keadaan cemas yang kronis, gangguan-gangguan pada indera dan motorik, hambatan emosi, kurang perhatian terhadap lingkungan, dan kurang memiliki energi fisik, dst. 
Nurosis, menurut W.F. Maramis (1980), adalah suatu kesalahan penyesuaian diri secara emosional karena tidak diselesaikan suatu konflik tidak sadar.  
Berdasarkan pendapat mengenai neurosis dari para ahli tersebut di atas dapat diidentifikasi pokok-pokok pengertian mengenai neurosis sebagai berikut:
  1. Neurosis merupakan gangguan jiwa pada taraf ringan. 
  2. Neurosis terjadi pada sebagian aspek  kepribadian. 
  3. Neurosis dapat dikenali gejala-gejala yang menyertainya dengan  ciri khas kecemasan. 
  4. Penderita neurosis masih mampu menyesuaikan diri dan melakukan aktivitas sehari-hari.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar