Pengertian Haritage

Pengertian heritage sesungguhnya cukup luas. Dalam kamus Inggris- Indonesia susunan John M Echols dan Hassan Shadily, heritage berarti warisan atau pusaka. Sedangkan dalam kamus Oxford, heritage ditulis sebagai sejarah, tradisi, dan nilai-nilai yang dimiliki suatu bangsa atau negara selama bertahun- tahun dan diangap sebagai bagian penting dari karakter mereka. Sedangkan menurut Masino Sinaga (2011) heritage adalah sebuah warisan, pusaka, dan kebudayaan yang kita warisi.  
UNESCO memberikan pengertian heritage sebagai warisan (budaya) masa lalu, yang seharusnya dilestarikan dari generasi ke generasi karena memiliki nilai-nilai luhur. Dalam buku Heritege Management Interpretation Idewntity, karya Peter Howord memberikan makna heritage sebagai segala sesuatu yang ingin diselamatkan orang, termasuk budaya material maupun alam.
Sedangkan menurut Hall & McArther (1996) dalam bukunya heritage Management memberikan definisi heritage sebagai warisan budaya dapat berupa kebendaan (tangible) seperti monument, arsitektur bangunan, tempat peribadatan, peralatan, kerajinan tangan, dan warisan budaya yang tidak berwujud kebendaan (intangible) berupa berbagi atribut kelompok atau masyarakat, seperti cara hidup, folklore, norma dan tata nilai. 
Dari pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa heritage adalah sebuah warisan budaya masa lalu yang seharusnya diestafetkan dari generasi ke generasi, karena dikonotasikan mempunyai nilai-nilai sehingga patut dipertahankan atau dilestarikan keberadaannya. Seperti sebuah bangunan-bangunan bersejarah, pakaian atau busana adat dan tari-tarian.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar