Pengertian Citra Merek

Ada beberapa pengertian citra merek. American Marketing Associating (dalam Kotler, 2000) mengemukakan bahwa merek adalah nama, istilah, tanda, simbol, rancangan atau kombinasi dari hal-hal tersebut untuk mengidentifikasikan barang dan jasa dari seorang penjual maupun  kelompok penjual untuk membedakanya dengan barang-barang pesaing. Merek mempunyai peranan yang penting dan merupakan aset prestisius bagi perusahaan. Pemasaran dewasa ini bukan hanya pertempuran produk tetapi juga pertempuran persepsi konsumen mengenai merek. Saat ini konsumen tidak hanya melihat suatu produk berdasarkan kualitas maupun harga tetapi juga citra merek yang melekat pada produk yang dikonsumsi. Banyak perusahaan yang menyadari hal ini sehingga mereka berusaha untuk menciptakan citra (image) yang baik agar dipilih oleh kosumen.
Kotler (2000) menyatakan enam level pengertian merek, yaitu:
  1. Atribut. Merek mengingatkan pada atribut-atribut tertentu.
  2. Manfaat. Atribut-atribut produk yang dapat diingat melalui merek harus dapat diterjemahkan dalam bentuk manfaat baik secara fungsional maupun emosional.  
  3. Nilai. Merek mencerminkan nilai yang dimiliki oleh produsen sebuah produk.
  4. Budaya. Merek merepresentasikan suatu budaya.
  5. Kepribadian. Merek dapat diproyeksikan pada suatu kepribadian tertentu.
  6. Pemakai. Merek mengelompokkan tipe-tipe konsumen yang akan membeli atau mengkonsumsi suatu produk.
Citra merek adalah serangkaian kepercayaan yang konsumen pegang atas masing-masing atribut yang istimewa dari sebuah merek (Kotler, 2003). Aaker (1996) mengatakan bahwa citra merek merupakan sekumpulan asosiasi merek yang terbentuk dan melekat di benak konsumen. Jadi, citra merek merupakan apa yang konsumen gambarkan dan pikirkan (Hribar, 2007).
Konsep merek yang kuat bila dapat dikomunikasikan secara baik kepada pasar sasaran yang tepat akan menghasilkan citra merek yang dapat mencerminkan identitas merek yang jelas (Rangkuti, 2002). 
Dari beberapa pendapat para ahli di atas dapat disimpulkan pengertian citra merek yaitu serangkaian kepercayaan yang konsumen pegang atas masing-masing atribut yang istimewa dari sebuah merek.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar