Investasi Bagi Hasil

Inti mekanisme investasi bagi hasil pada dasarnya adalah terletak pada kerjasama yang baik antara shahibul maal dengan mudharib. Kerjasama atau partnership merupakan karakter dalam masyarakat ekonomi Islam. Kerjasama ekonomi harus dilakukan dalam semua bentuk kegiatan ekonomi, yaitu: produksi, distribusi barang maupun jasa. Salah satu bentuk kerjasama dalam bisnis atau ekonomi Islam adalah qirad atau mudharabah.
Qirad atau mudharabah adalah kerjasama antara pemilik modal atau uang dengan pengusaha pemilik keahlian atau ketrampilan atau tenaga dalam pelaksanaan unit-unit ekonomi atau proyek usaha. Melalui mudharabah kedua belah pihak yang bermitra tidak akan mendapatkan bunga, tetapi mendapatkan bagi hasil atau profit dan loss sharing dari proyek ekonomi yang disepakati bersama.
Meskipun dalam sistem saat ini, investasi bagi hasil bisa diatur secara hukum. Dikuatkan dengan sebuah aturan yang kuat, misal dengan surat yang dikuatkan seorang notaries, tetap saja memiliki kelemahan di sisi pengawasan dan kelangsungan usaha tersebut. Uang yang keluar dari kontrol pemodal sebenarnya berarti sudah hilang secara fisik dari tangan pemodal, dan ini banyak contohnya. Kontrol atas keuangan adalah hal yang penting saat ingin masuk ke investasi bagi hasil.
Investasi bagi hasil yang terkontrol
Mungkin anda tidak memiliki naluri bisnis, dan hanya memiliki uang yang bisa di investasikan. Maka investasi bagi hasil memang menawarkan keuntungan yang lebih besar dari investasi tabungan maupun deposito, namun sangat beresiko saat anda tidak memiliki kontrol atas sistem keuangan pada bisnis yang anda investasikan. Hasilnya bisa saja keuntungan tidak didapat, bahkan uang yang di investasikan menguap tak tentu rimbanya.
Sudah banyak hal ini terjadi, maka kontrol atas uang anda hal yang penting, dan anda harus bisa menarik uang anda dengan tangan anda sendiri, tanpa melibatkan orang lain, kecuali ada porsi pemodal lain di investasi bagi hasil ini. Kemampuan untuk mengontrol keuangan pada investasi bagi hasil adalah kunci keberhasilan investasi bagi hasil.
Investasi bagi hasil yang transparan
Pada kebanyakan bisnis modern transparansi adalah hal penting pada kelangsungan sebuah usaha dan meningkatkan kepercayaan para pemodal. Hal inilah yang membuat investasi pasar modal beserta perusahaan yang go public tumbuh dengan pesatnya. Transparansi adalah kunci bila ingin melakukan investasi bagi hasil, saat pemodal tidak mengerti arah usaha yang diinveskan, maka pemodal ini telah kehilangan uang yang diinveskan di perusahaan tersebut. Maka saat anda menginvestasikan di bagi hasil, anda harus bisa mendapatkan laporan secara valid dari pelaksana usaha tersebut.
Mungkin transparasi inilah yang menjadi kunci keberhasilan investasi bagi hasil, jadi harus ada kesepakatan di awal saat pemodal melakukan investasi bagi hasil. Pemodal harus memiliki kontrol atas perusahaan dan sistem keuangan di investasi bagi hasil tersebut.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar