Pengertian Rentabilitas Ekonomi

            Pengertian rentabilitas ekonomi adalah perbandingan laba usaha dengan modal sendiri dan modal asing yang dipergunakan untuk menghasilkan laba tersebut dan dinyatakan dalam persentase. Dengan demikian formulasinya adalah sebagai berikut:
Rentabilitas Ekonomi = EBIT / (Modal sendiri + Modal Asing) x 100%
Modal yang diperhitungkan untuk menghitung rentabilitas ekonomi hanya modal yang bekerja di dalam perusahaan  (operating capital atau asset). Dengan demikian maka modal yang ditanamkan dalam perusahaan lain atau modal yang ditanamkan dalam efek (kecuali perusahan-perusahan kredit) tidak di perhitungkan dalam dalam menghitung rentabilitas ekonomi.
Demikian pula laba yang di perhitungkan untuk menghitung rentabilitas ekonomi hanyalah laba yang berasal dari operasi perusahaan, yaitu yang disebut laba uaha (Net Operating Income). Untuk menghitung rentabilitas ekonomi, untuk laba diperhitungkan semua laba yang dihasilkan oleh modal yang dipergunakan.
Bagi perusahaan pada umumnya masalah rentabilitas adalah lebih  penting dari pada masalah laba itu sendiri, karena laba yang besar saja belum tentu merupakan ukuran bahwa perusahaan tersebut telah dapat bekerja dengan efisien. Perusahaan efisien baru dapat diketahui dengan membandingkan laba yang diperoleh tersebut dengan kekayaan atau modal yang menghasilkan laba tersebut.
Dengan demikian yang harus diperhatikan oleh setiap perusahaan adalah tidak hanya bagaimana usaha untuk memperoleh laba yang tinggi, tetapi yang lebih penting adalah usaha untuk mempertinggi rentabilitasnya. Maka agar tingkat rentabilitas dapat dipertinggi, kita harus mengetahui faktor-faktor rentabilitas ekonomi atau earning power.
Tinggi rendahnya earning power ditentukan oleh dua faktor, yaitu:
Profit margin
Profit margin, yaitu perbandingan antara “net operating income” dengan “net sales”, perbandingan mana dinyatakan dalam persentase.
Profit Margin  = (Net Operating Income / Net Sales) x 100%
Turnover of operating assets
Turnover of operating assets (tingkat perputaran aktiva usaha), yaitu kecepatan berputarnya operating assets dalam suatu periode tertentu.
Turnover Of Opereting Assets  = (Net Sales/ Operating Assets)
Hasil akhir dari percampuran kedua efisiensi profit margin dan operating assets turnover menentukan tingkat rendahnya earning power. Oleh sebab itu makin tinggi tingkat profit margin atau” operating assets tunover”, masing-masing atau keduanya akan mengakibatkan naiknya earning power.
Hubungan antara “ profit margin” dan Operating Assets Turnover” dapat di lihat pada rumus sebagai berikut:
Profit Margin  x  Operating Assets Turnover =  Earning Power
(Net Operating Income / Net Sales) x (Net Sales / Net Opereting Assets) = (Net Operating Income / Net Opereting Assets)
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar