Pengertian Posisi Keuangan

Pengertian posisi keuangan merupakan salah satu informasi yang disediakan dalam laporan keuangan terutama disediakan dalam neraca. Posisi keuangan perusahaan dipengaruhi oleh sumber daya yang dikendalikan, struktur keuangan, likuiditas, solvabilitas dan rentabilitas serta kemampuan beradaptasi terhadap perubahan lingkungan.
Unsur-unsur yang berkaitan langsung dengan pengukuran posisi keuangan adalah aktiva, kewajiban dan ekuitas (Standar Akuntansi Keuangan, 1999).
Unsur-unsur posisi keuangan tersebut dapat didefinisikan sebagai berikut:
  1. Aktiva adalah sumber daya yang dikuasai oleh perusahaan sebagai akibat dari peristiwa masa lalu dan dari manfaat ekonomi dimasa depan diharapkan akan diperoleh perusahaan. 
  2. Kewajiban merupakan hutang perusahaan dimasa kini yang timbul dari peristiwa masa lain, penyelesaiannya diharapkan mengakibatkan arus keluar dari sumber daya perusahaan yang mengandung manfaat ekonomi. 
  3. Ekuitas adalah hak residual atas aktiva perusahaan setelah dikurangi semua kewajiban (Standar Akuntansi Keuangan, 1999).
Menurut Mardiasmo (1999) menyatakan bahwa: “Posisi keuangan adalah posisi aktiva, hutang dan modal perusahaan pada saat atau tanggal tertentu yaitu pada akhir periode tertentu”.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar