Pengertian Perilaku Menolong

Pengertian Perilaku menolong (helping behaviour) adalah setiap tindakan yang lebih memberikan keuntungan bagi orang lain daripada terhadap diri sendiri (Wrightsman & Deaux, 1981). Menurut Staub (1978) & Wispe (1972), perilaku menolong adalah perilaku yang menguntungkan orang lain lebih daripada diri sendiri (dalam Hogg & Vaugan 2002). 
Menurut Dovidio & Penner (2001), menolong (helping) adalah suatu tindakan yang bertujuan menghasilkan keuntungan terhadap pihak lain. Michener& Delamater (1999), mendefinisikan menolong (helping) sebagai segala tindakan yang mendatangkan kebaikan atau meningkatan kesejahteraan (well- being) bagi orang lain.
Sejalan dengan itu perilaku menolong juga diartikan sebagai suatu tindakan yang menguntungkan orang lain tanpa harus menguntungkan si penolong secara langsung, bahkan kadang menimbulkan resiko terhadap si penolong (Baron, Byrne & Branscombe, 2006).  
Dari definisi-definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa perilaku menolong adalah segala tindakan yang lebih menguntungkan dan meningkatan kesejahteraan (well-being) orang lain daripada terhadap diri sendiri, bahkan kadang menimbulkan resiko terhadap si penolong. 
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar